Sejarah Waduk Candi Muncar Wonogiri

0 742

Lokasi Sejarah Waduk Candi Muncar

Sejarah Waduk Candi Muncar terletak di Dusun, Bubakan, Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57683.

Sejarah Waduk Candi Muncar

Pemerintah kemudian mulai membangun bendungan pada tanggal 15 Mei 1976. Nama proyeknya adalah Pembangunan Wadukan Candi Muncar Girimarto. Pembangunannya selesai setahun kemudian, tepatnya tanggal 31 Maret 1977.

Waduk Muncar kemudian diresmikan oleh Bupati Wonogiri saat itu, KRMH Soemoharmoyo pada tanggal 8 Agustus 1977. Prasasti peresmian WADUK CANDI MUNCAR masih bisa dilihat di bagian selatan badan bendungan. Waduk Candi Muncar menempati tanah desa seluas 1,1 hektare. Waduk itu pada awalnya bisa menyuplai air irigasi sepanjang enam kilometer sampai ke Dusun Setalang.dan Ngrongga.

Tetapi beberapa tahun lalu terjadi tanah longsor di hulu sungai. Akibatnya, longsoran tanah hanyut dan mengendap di waduk. Endapan tanah semakin tinggi dan menutupi seluruh permukaan waduk, sehingga waduk tidak bisa berfungsi.

Pada bulan November 2016, warga mulai membersihkan endapan di waduk. Hanya menggunakan cangkul, mereka membuat parit-parit kecil agar tanah mudah dialirkan ke luar waduk. Pada bulan Februari 2017, mereka berhasil menghidupkan kembali Waduk Candi Muncar.

Source Sejarah Waduk Candi Muncar Wonogiri Jawa Tengah
Comments
Loading...