Sejarah Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang

0 76

Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang

Universitas Wisnuwardhana (Unidha) merupakan salah satu kampus swasta ternama di Kota Malang. Terdaftar dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 20541652, kampus ini berdiri sejak 20 Mei 1981 silam.

Pada tahun 1980-an, di Kota Malang memang masih sedikit kampus negeri maupun swasta. Hal ini membuat para calon mahasiswa banyak yang tak diterima di kampus-kampus itu kemudian terpaksa berkualiah di luar kota. Usaha pemerintah Kota Malang untuk memajukan sektor pendidikan dengan mendirikan beberapa perguruan tinggi negeri pun digalakkan. Upaya itu juga didukung oleh pihak swasta dengan berdirinya beberapa kampus swasta.

Demi memelihara potensi Kota Malang sebagai kota pendidikan sekaligus ingin berpartisipasi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Wisnuwardhana Malang pun turut mendirikan kampus Unidha ini. Awalnya, kampus itu menampung para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tak diterima berkuliah di perguruan negeri di Kota Malang. YPS Wisnuwardhana Malang sebagai wadah kaum intelektual, ingin mengabdikan kemampuan dan keahlian untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.

Pada dasa warsa pertama (1981–1990), Unidha sudah menampakkan keberhasilan dalam pengembangan kampus ini. Hal itu tercermin dari diperolehnya status terdaftar oleh tujuh program studi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0427/0/1983, tanggal 7 Oktober 1983. Ketujuh program studi tersebut adalah Manajemen, Ekonomi Studi Pembangunan, Budidaya Pertanian, Sosial Ekonomi Pertanian, Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan, Keperdataan dan Kepidanaan.

Kemudian, pada tahun 1985, pada Fakultas Psikologi, yaitu Jurusan/Program Studi: Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, dan Psikologi Klinis memeperoleh status terdaftar berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0503/0/1985, tanggal 1 Nopember 1985. Lalu, pada tanggal 12 Oktober 1987 terbit SK Mendikbud Nomor: 0634/0/1987 tentang Status Terdaftar bagi Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Jurusan/Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Perkembangan Universitas Wisnuwardhana dalam dasa warsa kedua (1991-2000) menunjukkan grafik kenaikan yang lebih baik. Buktinya, ada peningkatan Status Program Studi dan Pembukaan Program Studi Baru. Peningkatan status program studi dari status diakui, menjadi status disamakan pada tahun 1990. Pada tahun 1993 pada seluruh program studi di Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi berstatus disamakan. Kemudian, perolehan status terakreditasi dengan nilai “B” pada program studi di Fakultas Psikologi, Ekonomi, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Hukum berturut-turut pada tahun 1998 dan tahun 2000. Lalu, Pembukaan Program Studi Akuntansi di fakultas Ekonomi, tahun 1997. Terakhir, pembukaan Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Teknik Industri, dan Teknik Elektro, pada tahun 1997.

Dalam dasa warsa ketiga (2001-2010), upaya pengelolaan dan pembinaan Universitas Wisnuwardhana terus ditingkatkan. Untuk mengimbangi tuntutan profesionalitas dan tuntutan akademik, pihak kampus melakukan pengadaan kelengkapan peralatan laboratorium guna menunjang kegiatan akademik, peningkatan status program studi dan pembukaan Program Pascasarjana. Peningkatan status program studi dari status terdaftar menjadi status terakreditasi pada seluruh program studi di Fakultas Teknik dan program studi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi pada tahun 2006. Kemudian, pembukaan Program Pascasarjana (Jenjang Strata-2) untuk Program Studi Ilmu Hukum, tahun 2010.

Sementara itu, pada dasa warsa keempat (2011-2020), selain pengembangan program studi juga dibarengi dengan pembangunan sarana fisik yaitu pembukaan Program Pascasarjana (Jenjang Strata S-2) untuk program studi Manajemen pada tahun 2012 dan pembangunan gedung Pascasarjana menjadi empat lantai. Untuk menjamin kualitas lulusan pihak Unidha terus mengupayakan perbaikan di semua unit di lungkungan kampus, terbukti saat ini semua program studi sudah berstatus “Terakreditasi”. Selain itu kerjasama antarlembaga (misalnya dengan perguruan tinggi lain, atau dengan kantor pemerintah) juga terus ditingkatkan untuk menjamin keberhasilan visi dan misi Unidha Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2019/01/22/universitas-wisnuwardhana-unidha-malang-dan-sejarahnya/
Comments
Loading...