Sejarah Universitas Tribhuwana Tunggadewi

0 79

Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) merupakan salah satu perguruan swasta di Kota Malang. Kampus ini didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Nusantara Malang.

Pendirian kampus yang ada di kawasan Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang itu sendiri ada dua versi. Pertama, kampus ini dinyatakan berdiri pada tanggal 14 Desember 1987, kedua pada tahun 2001.

Pada tahun 1988 UNITRI mulai melakukan kegiatan persiapan pelaksanaan pendidikan di Jalan Besar Ijen No. 90-92 Kota Malang. Selama kurun waktu satu tahun, pihak manajemen kampus cuma mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak pendidikan tinggi tanpa menerima mahasiswa baru. Hal ini dilakukan lantaran mereka masih menunggu ijin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan turun.

Pendiri UNITRI saat itu ada 13 orang. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Bambang Guritno, Prof. Dr. Ir. Wani Hadi Utomo, Prof. Dr. Ir.Sri Kumalaningsih, M.App.Sc., Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc., Prof. Ir. Baskoro Winarno (Alm), Dr.Ir. Suntoyo Yitnosumarto (Alm), Kol. dr. Tom Uripan (Alm), dr. H. Faruk Bakrie (Alm), Ir. H. Soemarjo (Alm), Ir. Abdul Karim (Alm), Soelaiman Sastrohamidjojo, BSc. (Alm), Prof.Dr.Ir. Loekito Adi Soehono, M.Agr., dan Brigjen (Purn). Pitut Suharto (Alm).

Akhirnya, pengelola mendapatkan izin dar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Tribhuwana dengan status terdaftar untuk program studi Agribisnis, Arsitektur Pertamanan, Teknologi Industri Pertanian dan Produksi Ternak. Keputusan itu berdasarkan SK Mendikbud No.056/0/1990 tanggal 5 Januari 1990.

Program Studi Agribisnis dan Produksi Ternak pun memperoleh status diakui pada tahun 1995, berdasarkan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 451/DIKTI/KEP/1995. Pada tahun yang sama, Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Tribhuwana yang juga didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Nusantara, juga mendapatkan izin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan status terdaftar untuk Program Studi Manajemen dan Akuntansi.

Kegiatan proses belajar-mengajar di STIPER dan STIE Tribhuwana dilangsungkan di kampus Jalan Besar Ijen sejak tahun 1990 hingga 1997. Gedung disewa UNITRI dari Badan Pendidikan dan Koperasi Majapahit, Jawa Timur.

Berkat usaha keras yayasan pengelola, sejak bulan Agustus 1997, STIPER dan STIE Tribhuwana menempati kampus milik sendiri di Jalan Telaga Warna Blok C, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Gedung baru itu diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Timur, H.M Basofi Sudirman, pada tanggal 13 September 1997.

STIPER Tribhuwana dan STIE Tribhuwana dikembangkan menjadi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 113/D/O/2001 tertanggal 2 Agustus 2001. Kampus ini memiliki 13 Program Studi, yang terdiri dari 12 program studi Sarjana (S-1) dan 1 program Diploma III, yaitu (1) Agribisnis, (2) Arsitektur Pertamanan, (3) Teknologi Industri Pertanian, (4) Budidaya Pertanian, (5) Produksi Ternak, (6) Nutrisi dan Makanan Ternak, (7) Manajemen, (8) Akuntansi, (9) Ilmu Administrasi Negara, (10) Ilmu Administrasi Niaga, (11) Teknik Sipil dan (12)Teknik Kimia; serta program Diploma III (DIII) Akuntansi.

Di dalam perjalanannya, beberapa program studi tidak diaktifkan, karena dinilai tidak bisa berkembang dengan baik. Sampai dengan Oktober 2008 semua program studi yang aktif telah memperoleh Status Terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional.

Pada tahun 2005, UNITRI memperoleh Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Dikti Depdiknas untuk Program Studi Ilmu Keperawatan (S1), Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) dan Program Studi Bidan Pendidik (D-IV). Untuk Program Studi Ilmu Komunikasi memperoleh status terakreditasi pada tahun 2010 berdasarkan SK-BAN-PT No. 004/BAN-PT/AK-VIII/S1/V/2010.

Program Pascasarjana UNITRI mengelola 2 (dua) Program Magister (S2), yaitu Magister Manajemen Agribisnis (MMA) dan Magister Administrasi Publik (MAP). Program MMA-UNITRI diselenggarakan sejak tahun 2002 berdasarkan Ijin Penyelenggaraan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, No. 3192/D2/2002, sedangkan Program MAP-UNITRI dibuka pada tahun 2008 berdasarkan Ijin Penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional No. 07/D/T/2008; tanggal 2 Januari 2008. Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 011/BAN-PT/Ak-V/S2/VI/2007, tanggal 30 Juni 2007, Program MMA-UNITRI memperoleh Status Terakreditasi.

Yayasan yang menaungi Universitas Tribhuwana Tungadewi memperoleh Pengesahan Akta Pendirian dengan nama Yayasan Bina Patria Nusantara Malang, sesuai Akta Nomor 32 tanggal 20 Juli 2011. Keputusan itu berdasarkan SK dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, nomor: AHU-8032.AH.01.04. tahun 2011 tentang Pengesahan Yayasan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, pada tanggal 30 November 2011.

Saat ini, Uiversitas Tribhuwana Tunggadewi memiliki tujuh fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Pasca Sarjana. Sementara jumlah Program Studinya ada 17, yaitu Ekonomi Pertanian (S-2), Ilmu Keperawatan (S-1), Teknik Sipil (S-1), Teknik Kimia (S-1), Teknologi Industri Pertanian (S-1), Agribisnis (S-1), Peternakan (Prod Ternak) (S-1), Peternakan (Nutrisi) (S-1), Agroteknologi (Ars Lansekap) (S-1), Agroteknologi (Budidaya/Agronomi) (S-1), Manajemen (S-1), Akuntansi (S-1), Ilmu Administrasi Negara (S-1), Ilmu Administrasi Niaga (S-1), Ilmu Komunikasi (S-1), Bidan Pendidik (D4), dan Akuntansi (D3).

Source https://ngalam.c https://ngalam.co/2018/04/18/universitas-tribhuwana-tunggadewi-dan-sejarahnya/
Comments
Loading...