Sejarah Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Malang

0 32

Sejarah Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Malang

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Malang merupakan satu dari 39 kantor UPBJJ yang dimiliki UT di seluruh Indonesia. UPBJJ Universitas Terbuka Malang ini berdiri pada 4 September 1984.

Tujuan didirikannya setiap UPBJJ di beberapa daerah di Nusantara ini untuk mempermudah layanan UT itu sendiri. Mereka inilah yang ditunjuk sebagai pelaksana operasional layanan pendidikan tinggi UT di daerah/wilayah sebagai kepanjangan tangan atau perwakilan dari Universitas Terbuka Pusat yang berkedudukan di Jakarta. UPBJJ itu melayani pendaftaran/registrasi, distribusi bahan kuliah, tutorial, dan ujian.

Wilayah kerja kantor UPBJJ Malang mencakup 13 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Mulai dari Malang, Batu, Pasuruan, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Nganjuk, hingga Pacitan. Kantor UPBJJ Malang melayani seluruh mahasiswa UT yang ada di wilayah tersebut. Tugas UPBJJ Malang dibantu oleh para Staf UPBJJ UT dan Pengurus Kelompok Belajar yang ada di masing-masing kota/kabupaten untuk memperlancar layanan akademik di seluruh wilayah kerjanya. Staf dan Pengurus Kelompok Belajar itu lah yang melayani segala keperluan mahasiswa, terutama mahasiswa yang memilih kegiatan tutorialnya melalui tutorial tatap muka. Sementara mahasiswa yang memilih tutorial online perorangan (mandiri) tetap akan dilayani langsung oleh UPBJJ Malang.

Kampus UPBJJ Universitas Terbuka Malang terletak di Jalan Mayjen Sungkono No. 9, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Lokasinya memang berada di pinggiran Kota Malang. Namun, seiring dengan pengembangan pembangunan kota, kawasan tersebut bakal lebih ramai ketimbang sebelumnya.

Kampus ini memiliki empat fakultas dan satu program pasca sarjana. Fakultas Matematika dan IPA, terdiri dari program studi Program Statistika, Matematika, Biologi, Teknologi Pangan, Agribisnis, dan Perencanaan Wilayah Kota Bidang Minat Lingkungan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri dari program studi Pendidikan Anak Usia Dini, PGSD, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, PPKn, dan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, terdiri dari program studi Administrasi Bisnis, Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Perpustakaan, Sastra Inggris, Sosiologi, D4 Kearsipan, D3 Perpajakan, dan D2 Perpustakaan. Fakultas Ekonomi, terdiri dari program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi. Terakhir, ada Program Pascasarjana, yang terdiri dari program studi Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Manajemen Perikanan.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2019/01/09/sejarah-unit-program-belajar-jarak-jauh-upbjj-universitas-terbuka-malang/
Comments
Loading...