Sejarah Tugu Monumen Perjuangan Petungkriyono

0 145

Lokasi Tugu Monumen Perjuangan Petungkriyono

Tugu Monumen Perjuangan Petungkriyono terletak di Dusun Mudal, Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pwekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah Tugu Monumen Perjuangan Petungkriyono

Jika Anda pernah berkunjung ke Petungkriyono, maka akan melihat sebuah Tugu / Monumen Juang yang berdiri di Pertigaan antara ke Curug Bajing dan ke Gunung Rojo jembangan. Tugu tersebut adalah Monumen untuk mengenang perjuangan rakyat Pekalongan dalam menghadapi gempuran Agresi Militer Belanda.

Tugu Monumen Perjuangan

Agresi militer kaum kolonial Belanda, pada 1947-1948 yang membuat para pejuang dan pejabat di Karesidenan Pekalongan melakukan pengungsian, untuk mengenang serta menghormati semangat juang yang dimiliki para pejuang terdahulu, maka dibangunlah Tugu Perjuangan. 

Di Lebakbarang para tokoh dan pejuang bangsa mengungsi untuk mengatur rencana megusir Belanda dari Kota. Di pengungsian para pejuang dan pejabat disambut penuh keluargaan oleh Camat Lebakbarang yang waktu itu dijabat R. Moeh. Oesman. Namun tempat pengungsian ini akhirnya tercium oleh Belanda dan penjajah ini pun menyerang ke Lebakbarang melalui Desa Mendolo dan Desa Kutorembet. Pendapat serangan sporadis itu, para pejuang kocar- kacir, lalu meninggalkan Lebakbarang. Dalam serangan itu, ada dua pejuang yang gugur, yakni Soekatyo dan Soekono, keduanya adalah staf Pemerintah Kabupaten Pekalongan.

Bangunan Tugu Monumen Perjuangan Petungkriyono

Secara bangunan fisik, tugu ini memunyai tinggi 200 meter, panjang 200 meter, dan lebar 220 meter. Kini, kebaradaan tugu itu menjadi penguasan Komando Distrik Militer (Kodim) 0710.

Tahun 2002, monumen ini diperluas dan posisinya berada di pinggir jalan raya. Di salah satu dinding bangunan monumen ada kalimat bertuliskan ”Semangat perjuangan seluruh rakyat yang dijiwai nilai-nilai Pancasila kita pertahankan Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 dan tekad bulat menegakkan pemerintah Karesidenan dan Kabupaten Pekalongan”.

Source Tugu Monumen Perjuangan Petungkriyono Pekalongan
Comments
Loading...