Sejarah Toko Tolaram

0 99

Toko Tolaram

Tolaram adalah perusaaan tekstile yang punya kantor di Singapura. Perusahaan ini melayani kebutuhan tekstile di Nigeria, Estonia, Indonesia, Ghana dan India berurusan dalam bidang FMCGs, Energi dan Infrastruktur. Siapa sangka, mereka dulu berasal dari sudut kota Malang yang bernama Toko Tolaram.

Tolaram adalah toko milik orang keturunan India bernama Khanchand Vaswani yang berimigrasi ke Indonesia pada tahun 1932, dia kemudian membuka toko tekstil kecil. Dulu, toko ini bernama Vaswani dan didirikan di tahun 1948 di Malang. Dibantu oleh istri yaitu Ishwaribhai dan tiga orang anaknya, toko ini kemudian berkembang semakin besar.

Pada tahun 1950-an, Toko ini pindah tempat dan namanya berubah menjadi Tolaram yang lokasinya ada di pojok depan Pasar Besar Malang, dulu dikawasan itu juga dikenal dengan nama Pecinan yang di awal kemerdekaan dan awal tahun 50-an menjadi kawasan bisnis yang paling berkembang di Kota Malang. Kalau sekarang lokasi Toko Tolaram itu ditempati Toko Busana Muslim Altara.

Dulu, Tolaram memang berjualan kain-kain dengan berbagai macam variasi. Pada perjalanan waktu, Tolaram juga membuka jahit pakaian sehari-hari namun kebanyakan berupa jas yang sudah dipesan khusus. Jahitan dari Tolaram terlihat bagus terutama saat pakaian jas tersebut dikenakan oleh para pejabat di lingkungan Kota Malang. Seperti getuk ular, akhirnya toko kecil ini terlalu kecil untuk berkembang di Malang, Jawa Timur dan kini sudah ekspansi ke seluruh dunia.

Tolaram berada di pojokan yang beralamat di Jalan Pasar Besar 77, saat itu untuk pergi ke sana cukup disingkat dengan TT 77 yang merupakan kependekan dari Toko Tolaram 77. Konon Radio legendaris TT 77 pernah punya studio di sana karena berasal dari toko karena mempunya pemilik yang sama. Tetapi, penulis sendiri masih belum menemukan arsip yang pas tentang hubungan Radio TT 77 dengan Tolaram karena sepengetahuan penulis TT 77 untuk radio adalah kependekan dari Radio Tri Tarayaksa

Sekarang Tolaram bertumbuh dan berkembang menjadi pemain bisnis global dengan portofolio usaha mulai dari kebutuhan konsumsi, infrastruktur, distribusi, energi, layanan finansial dan digital serta properti.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/03/17/masih-ingat-dengan-toko-tolaram/
Comments
Loading...