Sejarah Toko Lautan Mas Jakarta

0 225

Lokasi Toko Lautan Mas

Toko ini terletak di Jalan Toko Tiga No. 24 RT. 03 RW. 01 Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, Provinsi Daerah Ibukota Jakarta.

Sejarah Toko Lautan Mas

Toko Lautan Mas sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar mancing mania. Toko ini menyediakan semua peralatan dan perlengkapan yang menyangkut fishing, mulai dari alat pancing hingga peralatan menyelam.

Selain terkenal akan kelengkapannya, Toko Lautan Mas juga tetap mempertahankan bentuk bangunan aslinya. Bangunan lawas bergaya Tiongkok ini menyimpan ceritera masa lampau yang penuh haru biru. Bangunan Toko Lautan Mas ini dulunya merupakan bekas kediaman dan sekaligus tempat usaha tembakau Liutenant der Chinezen (Letnan Tionghoa) Oey Thoa yang berasal dari Pekalongan.

Benny Gatot Setiono dalam bukunya, Tionghoa Dalam Pusaran Politik (2008: 223-226) menjelaskan, bahwa Oey Thoa adalah seorang saudagar tembakau yang kaya raya, anggota pengurus Kongkoan yang bertempat tinggal di daerah Toko Tiga, dekat Glodok, Jakarta sekitar 1837. Oey Thoa mempunyai sahabat karib Majoor der Chinezen (Mayor Tionghoa) Tan Eng Gan yang menjadi Ketua Dewan Tionghoa atau Kongkoan.

Walaupun Oey Thoa pendatang, tetapi karena berjiwa sosial dan sering memberikan pertolongan kepada orang-orang yang tidak mampu, namanya cukup dikenal. Setiap tanggal satu dan lima belas kalender Tionghoa, ratusan orang miskin telah menantinya di Klenteng Kim Tek Ie, tempat ia melakukan ibadahnya, untuk menantikan saat-saat ia membagikan bantuannya.

 

Source Sejarah Toko Lautan Mas Jakarta Jakarta
Comments
Loading...