Sejarah Toko Buku Togamas Malang

0 143

Toko Buku Togamas

Toko Buku Togamas menjadi satu dari sedikit toko buku yang masih bertahan di Kota Malang di antara serbuan kemudahan mendapatkan segala informasi dari sumber selain buku. Tak banyak yang mengetahui jika toko buku tersebut lahir di kota ini sebelum akhirnya berjaya hingga ke luar kota.

Berdasarkan jejak sejarahnya, Toko Buku Togamas didirikan pada 15 Desember 1990 oleh pasangan suami istri Johan Budhie Sava dan Swandayani. Menariknya, pasangan ini membuka usaha tersebut dari toko buku kecil dengan jumlah item sekitar 1000 judul buku saja dengan memanfaatkan sebuah ruang tamu seluas 50 meter persegi di kediaman mereka di kawasan Jalan Bukit Barisan, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Seiring berjalannya waktu, usaha Toko Buku Togamas ini berkembang dengan pesat dan tumbuh menjadi besar. Kemudian, pada tahun 2010, toko buku ini resmi dikelola oleh PT Togamas Semesta Abadi yang didirikan berdasakan Akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat di hadapan Notaris Junjung Handoko Limantoro, SH, yang berkedudukan di Jalan Sumbing No. 23 Kota Malang dengan Akta Pendirian Perseroan Terbatas nomor 103 tertanggal 26 Nopember 2010.

Didukung oleh lebih dari 300 supplier buku dan alat tulis berskala nasional sudah cukup membuktikan makin berjayanya Toko Buku Togamas di Kota Malang. Toko buku ini menyediakan berbagai macam jenis buku, mulai dari buku anak, pre-school, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Komik, Novel, Bisnis, Buku Umum, Motivasi, Buku Agama, Hobi, Arsitektur, Buku Masakan, Buku Komputer, Majalah, Tabloid, hingga Alat Tulis, Fancy, perlengkapan sekolah, Aksesoris, Alat Olahraga dan Musik, dan sebagainya.

Toko Buku Togamas juga mengambil peran dalam ikut serta menangani pengadaan buku di beberapa instansi, di antaranya adalah Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, Perpustakaan Bung Karno Blitar, Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, hingga Perpustakaan Sekolah Negeri maupun Swasta.

Sejak didirikan, Toko Buku Togamas sudah mengusung konsep ‘discount store’ (dengan promo uniknya yakni diskon seumur hidup). Maka tak heran, selain lengkap, harga buku yang ditawarkan pun berbeda dari toko buku modern pada umumnya. Harga buku di sini bisa dibilang paling murah jika dibandingkan dengan toko buku lainnya.

Kini, Toko Buku Togamas yang sudah sukses menempati gedung tiga lantai milik sendiri dengan luas 1200 meter persegi. Toko utamanya beralamatkan di Jalan Dieng No. 27A-2, Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang yang buka mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Bahkan, mereka sudah memiliki cabang di Kota Malang yang berkonsep kemitraan, di Jalan Soekarno-Hatta Perumahan Griya Shanta Blok E No.324, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang buka mulai pukul 08.30 hingga 21.00 WIB.

Sebagai bukti kejayaan Toko Buku Togamas tak hanya di Kota Malang saja, tapi juga sampai ke luar kota, tentu dibukanya hingga lebih dari 20 gerai cabang di kota-kota besar di Pulau Jawa dan Bali. Sejak tahun 2014, usaha toko buku ini dilanjutkan oleh sang anak, Bayu Dharmaputra Sava. Pada saat itu, Bayu mendapatkan amanah dari ayahnya yang meninggal di tahun yang sama, untuk melanjutkan perusahaan.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2019/03/20/toko-buku-togamas-lahir-malang-berjaya-hingga-luar-kota/
Comments
Loading...