Sejarah Taman Tuan Kadi

0 38

Taman Tuan Kadi

Berada dekat dengan pusat kota, tepatnya di Kecamatan Senapelan, Pekanbaru di bawah jembatan Siak 1, taman ini bukan sekedar taman kota. Di taman ini terdapat salah satu cagar budaya kebanggaan masyarakat Pekanbaru yaitu Rumah Singgah Sultan.

Dibangun pada tahun 1895, rumah ini menjadi persinggahan Sultan Syarif Kasim II apabila sedang mengunjungi kota Pekanbaru. Rumah ini merupakan rumah dari mertua Tuan Qadhi H. Zakaria yang bernama Haji Nurdin Putih.

Karena dulunya berada di atas sungai, rumah singgah ini memiliki lantai yang tinggi seperti bentuk rumah panggung. Di dalam rumah khas Melayu ini, kamu bisa melihat foto-foto sejarah Sungai Siak dan juga melihat dulang, yaitu tempat penyajian makanan khas Melayu yang berada di sekeliling ruangan. Selain itu, ada gasing yang merupakan permainan warga Melayu di jaman dulu dan centong nasi yang terbuat dari batok kelapa.

Taman Tuan Kadi bukan hanya memiliki nilai sejarah karena rumah singgah, tapi juga karena berisi halte lama yang menjadi saksi sejarah pengeboran minyak bumi di Pekanbaru yang menghubungkan dan menjadi spot terbaik melihat pemandangan jembatan Siak yang berdiri megah. Di taman ini juga terdapat buah manggis yang menjadi simbol warga Melayu yang melambangkan kejujuran.

Source https://kumparan.co https://kumparan.com/@kumparantravel/mengenal-7-destinasi-wisata-sejarah-pekanbaru
Comments
Loading...