Sejarah Taman Soedjana Kassan

0 16

Sejarah Taman Soedjana Kassan

Taman Soedjana Kassan atau juga disebut sebagai Taman Lebak Sedjana Kassan merupakan sebuah bagian dari Kebun Raya Bogor. Posisinya terletak perses berseberangan dengan Lapangan Sempur di sisi Utara dan hanya dipisahkan oleh pagar Kebun Raya dan Jalan Jalak Harupat. Kalau Anda berjalan kaki di trotoar Jalan Jalak Harupat tersebut, dan menolehkan kepala, maka Taman Soedjana Kassan akan bisa dilihat.

Taman Soedjana Kassan diresmikan pada 18 Mei 1985 atau 30 tahun yang lalu. Tempat ini dibangun sebagai penghormatan terhadap seorang kurator dan kemudian menjadi kepala dari Kebun Raya Bogor selama 10 tahun antara tahun 1959 hingga 1969. Menurut Website Kebun Raya Bogor , Soedjana Kassan adalah orang Indonesia pertama yang menjadi direktur Kebun Raya ini.

Taman Soedjana Kassan memiliki sebuah lapangan rumput yang cukup luas dan dikelilingi oleh pepohonan tinggi. Tidak jauh dari sosok Garuda terdapat sebuah air mancur kecil. Di sebelah Timurnya terdapat undakan beserta bangku-bangku batu yang teduh karena dinaungi oleh pepohonan rambat tua.

Sebelum tangga batu akan terlihat sebuah patung kepala dari sang Direktur Kebun Raya tahun 1959 tersebut. Wajahnya bisa dilihat dari arah tangga batu, sedangkan kalau dari arah taman sendiri, hanya bagian belakang kepalanya saja yang terlihat.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/taman-soedjana-kassan-sosok-garuda-di-keindahan/
Comments
Loading...