situsbudaya.id

Sejarah Taman Sekuta Bali

0 13

Lokasi Taman Sekuta

Taman Sekuta terletak di dusun Tampuagan, Desa Sekuta, Karangasem, Bali.

Sejarah Taman Sekuta

Taman Air yang dinamakan Taman Sekuta merupakan tinggalan masa pemerintahan Raja Karangasem yang berfungsi sebagai tempat rekreasi Raja dan keluarga kerajaan. menurut informasi dari pengelola ”Jro Mangku Nyoman Sami” Taman Sekuta dianggap sebagai taman yang dibangun lebih dahulu dari Taman Soekasada. Taman Sekuta terdiri dari kolam berbentuk lingkaran yang bagian dalamnya terdapat kolam kecil berbentuk lingkaran dan di kelilingi enam pancoran (saluran air) dengan kondisinya yang sudah rusak dan patah.

Geshenk Van Hare Majesteit Koningin Wilhelmina En Z.E Gouverneur Gerenal J.B Van Heutsz Aan Goesti Gde Djelantik Anno 1911” Sebaris kalimat berbahasa Belanda di badan kolam menjelaskan bahwa bangunan ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda Wilhelmina dan Gubernur Jenderal J.B Van Heutsz kepada Gusti Gde Djelantik Tahun 1911.

Keberadaan Taman Sekuta saat ini bisa dibilang rusak dan tidak terawat, bahkan hanya meninggalkan bekas-bekas bangunannya saja seperti bekas tugu air mancur dan patung-patung yang dulunya mengelilingi kolam saat ini kondisinya sudah tidak sempurna.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/2018/01/17/taman-sekuta-taman-air-rekreasi-raja-karangasem/
Comments
Loading...