Sejarah Taman Panorama Bukittinggi

0 19

Sejarah Taman Panorama

Taman Panorama dan Lubang Jepang, itulah nama resminya sekarang. Taman ini terletak di atas tebing Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi. Di seberang taman terdapat Nagari Koto Gadang yang legendaris itu, kini telah dibuat sebuah janjang (tangga) dari dasar ngarai hingga ke puncak yang diberi nama Janjang Koto Gadang.

Belum didapat sumber yang pasti semenjak kapan taman ini berada, tampak taman ini telah ada semenjak zaman Belanda. Wajar karena mengingat tempatnya yang menarik dimana pemandangan Ngarai Sianok, Gunuang Marapi, dan Singgalang dapat dinikmati oleh setiap orang yang datang. Belanda mengembangkan kota ini sebagai tempat berehat dari rutinitas mereka selama sepekan, jadi wajar kalau keindahan pemandangan alamlah yang menjadi tujuan mereka sebagai tempat mencari ketenangan lepas dari rutinitas harian mereka.

Sumber lain menyebutkan bahwa taman ini diresmikan penggunaannya beriringan dengan peresmian Lubang Japang (Lobang Jepang) yakni pada tahun 1984. Pada salah satu foto yang dibuat sekitar tahun 1980-an tampak salah satu sudut dari taman ini yang menghadap ke Ngarai Sianok.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/10/taman-panorama.html
Comments
Loading...