Sejarah Taman Lapangan Banteng Jakarta

0 487

Lokasi Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng terletak di RT.9/RW.5, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710.

Sejarah Taman Lapangan Banteng

Berdasarkan sejarah Taman Lapangan Banteng ini sudah berganti nama beberapa kali, pada zaman Belanda (1632) bernama Paviljoensveld atau Lapangan Paviljoen sesuai nama pemiliknya kemudian berubah menjadi nama Waterlooplein atau lapangan Waterloo dan karena ada tugu singa maka kadang disebut Lapangan Singa. Tugu Singa merupakan peringatan kemenangan pertempuran di Waterloo yaitu pertempuran pasukan gabungan Inggris-Belanda-Jerman melawan Napoleon. Namun tugu ini dirobohkan saat Indonesia diduduki Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, nama Lapangan Singa diganti dengan sebutan Lapangan Banteng. Selain pertimbangan nasionalisme, nama Lapangan Banteng dipakai juga dengan pertimbangan bahwa di kawasan ini dahulu banyak dijumpai satwa liar, seperti macan, kijang, dan banteng. Tapi ada versi yang menyatakan bahwa sejak zaman Belanda juga pernah disebut Buffelsfeld, yang berarti Lapangan Banteng karena ada kubangan kubangan besar penuh air bekas galian pembuatan batu bata yang sering menjadi tempat kerbau kerbau bermain. Seiring perjalanan tahun 70-an Lapangan Banteng ini pernah menjadi terminal bis dalam kota yang menuju ke Priok, Cililitan, Blok M dll. Kemudian terminal bis ditutup pada tahun 1985 dan kemudian menjadi taman kembali.

Source https://bersapedahan.wordpress.com/ https://bersapedahan.wordpress.com/2017/09/18/taman-lapangan-banteng-makin-kekinian/
Comments
Loading...