Sejarah Taman Hutan Raya Depok

0 208

Lokasi Taman Hutan Raya Depok

Tahura ini terletak di Jalan Cagar Alam, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

Sejarah Taman Hutan Raya Depok

Seiring berkembangnya Depok Lama, timbul kekhawatiran akan menyusutnya luas hutan raya depok, maka hutan yang masih tersisa oleh Nederlands Indische Vereniging Tot Natuur Berscherming (Perhimpunan Perlindungan Hutan Alam Hindia Belanda) bekerja sama dengan Gemeente (Kota Praja) Depok ditetapkan sebagai cagar alam (natuur reservaat), dan menjadi cagar alam pertama pemerintahan Hindia Belanda. Hal ini diperkuat lagi dengan diresmikannya hutan tersebut pada tanggal 31 Maret 1913 oleh Gubernur Jenderal A.W.F. Idenburg sebagai natuur monument.

Penetapan hutan raya depok ini menjadi cagar alam tidak saja karena semakin menipisnya kawasan hutan asli di Depok pada waktu itu, namun juga karena hutan ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi serta dapat berfungsi menjadi resapan air.

Kini, cagar alam ini tinggal menyisakan 6 hektar saja, dan di sekelilingnya telah dihimpit oleh pemukiman penduduk yang sangat padat. Cagar alam itu pun telah berubah statusnya menjadi Taman Hutan Raya (Tahura) Depok yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Kehutanan Nomor 2/76/KPPS/1999.

Bila ditinjau dari sisi kesejarahannya, Taman Hutan Raya Depok ini memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Pembangunan Kebun Raya Bogor dimaksudkan untuk menghutankan kembali dengan mengumpulkan pohon langka (forest) sedangkan Taman Hutan Raya Depok mewujudkan asli hutan belantara (jungle). Sayangnya tidak bernasib sama dengan Kebun Raya Bogor, Taman Hutan Raya Depok terkesan kurang terawat. Seandainya kawasan Taman Hutan Raya Depok ini ditata sedemikian rupa seperti di Kebun Raya Bogor, kemungkinan besar pamornya akan muncul kembali.

Source Sejarah Taman Hutan Raya Depok Jawa Barat
Comments
Loading...