Sejarah Taman Budaya Jawa Timur

0 52

Taman Budaya Jawa Timur

Taman Budaya Jawa Timur dulunya adalah area Kraton Kanoman Surabaya yang dikepalai Adipati Surabaya. Taman Budaya Jawa Timur Disebut juga Taman Budaya Cak Durasim untuk menghormati seorang tokoh pejuang di bidang kesenian, terutama ludruk yang dipakai sebagai alat propaganda menentang penjajahan jepang.

Nama Cak Durasim Bukan sekedar digunakan untuk menyebut taman budaya ini, namun juga terdapat gedung Cak Durasim. Gedung ini sendiri terletak di arah timur, di depan pintu masuk taman budaya jawa timur. Bangunan ini menghadap ke arah utara, di depan gedung, tepatnya dekat pintu masuk terdapat sebuah patung setengah badan cak durasim. Di bawah patung tersebut terdapat tulisan kidungan yang digunakan untuk menentang penjajahan belanda.

Komplek Taman Budaya Jawa Timur sekaang ini digunakan menjadi pusat kegiatan seni seperti pameran diskusi dan seminar budaya, serta latihan dan pertunjukan tari yang diadakan setiap sore hari. Dalam komplek ini terdapat beberapa gedung, pendapa dan panggung terbuka yang terletak di belakang gedung cak durasim.

Source https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/ https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/2014/08/30/taman-budaya-jawa-timur/
Comments
Loading...