Sejarah Taman Bekisar Jakarta

0 86

Lokasi Taman Bekisar

Taman Bekisar terletak di Jl. Raya TMII Ceger Cipayung Jakarta Timur DKI Jakarta, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550.

Sejarah Taman Bekisar

Taman Bekisar adalah taman rekreasi yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan Ayam Bekisar, termasuk kegiatan pembudidayaan ayam hutan sebagai sumber budi daya Ayam Bekisar. Taman ini diresmikan pada tanggal 20 April 1993 oleh presiden Soeharto, bentuknya khas seperti kurungan Bekisar raksasa, lengkap dengan Naga yang bertengger diatapnya.

Selain Bekisar, di tempat seluas 4.000m persegi ini ditampilkan juga Ayam Kate dan Merak sebagai pelengkap koleksi. Ayam bekisar merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan jantan (gallus varius) dengan ayam kampong betina (Gallus domestica). Selain bentuk tubuh yang gagah, warna bulu yang indah mengkilat, serta bentuk jengger dan rialnya yang indah, bekisar dipelihara orang sebagai jenis ungags penyanyi.

Di taman ini dapat dilihat percontohan ayam bekisar, bahkan beberapa dapat diperoleh, sangkar perawatan dan penangkaran, mesin penetas dan tiang gantungan untuk lomba. Selain itu dapat pula dilihat foto dan gambar mengenai berbagai sangkar bekisar yang pernah dibuat.

Taman Bekisar menyediakan sarana lomba yang bisa digunakan untuk latihan lomba bersama juga menyelenggarakan lomba ayam Bekisar bertaraf internasional. Lomba ini dapat ditonton oleh siapa saja yang tertarik. Untuk menyebarluaskan pemahaman terhadap ayam yang khas ini, taman ini memberikan pula penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengembangbiakan ayam bekisar.

Source http://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/index.php http://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/jelajah/taman-bekisar
Comments
Loading...