Sejarah Taman Apotik Hidup Jakarta

0 176

Lokasi Taman Apotik Hidup

Taman Apotik Hidup terletak di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820.

Sejarah Taman Apotik Hidup

Taman Apotek Hidup adalah taman yang menampilkan koleksi berupa tanaman yang berkhsiat obat. Lebih dari seratus ribu jenis tanaman asli Indonesia tersebar di kepulauan Nusantara. Dari jumlah tersebut, baru ditemukan sekitar ratusan tanaman berkhasiat obat. Berdasarkan hal itulah, Ibu Tien Soeharto memprakarsai berdirinya Taman Apotek Hidup bekerjasama dengan PT Air Mancur. Taman ini secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 20 April 1984, dengan tujuan untuk mengumpulkan, melestarikan serta membudidayakan tanaman yang memiliki khasiat obat tersebut.

Taman seluas 6.000 m2 ini memiliki koleksi sekitar 400 jenis tanaman obat asli Indonesia. Jumlah tersebut dibagi berdasarkan tiga kategori. Pertama, tanaman langka seperti kayu rapet (parameria barbata schum) dan kedawung (parkia biglobosa auct), kedua yaitu tanaman yang baru ditemukan dan masih diteliti khasiatnya misalnya telosom (talinum paniculatum), dan ketiga yaitu tanaman yang sudah dibudidayakan menjadi tanaman obat keluarga (Toga) misalnya kunyit, jahe dan kumis kucing.

Selain sebagai tempat pelestarian tanaman obat, taman ini juga menjadi pusat pengetahuan dan penunjang pendidikan yang bermanfaat. Pengunjung dapat belajar mengenali bermacam jenis tanaman berkhasiat obat yang ditunjang laboratorium dan perpustakaan dengan ratusan buku referensi tentang tanaman obat dalam berbagai bahasa. Sementara di gallery Air Mancur tersedia berbagai contoh hasil tanaman obat yang telah diawetkan (Simplisia).

Di taman obat ini pengunjung dapat berwisata sambil menimba ilmu pengetahuan. Bibit tanaman obat dapat dibeli dengan harga relative terjangkau untuk buah tangan. Pada kesempatan tertentu, pengunjung juga bisa menyaksikan atau mengikuti acara-acara yang berkaitan dengan pengobatan herbal.

Selain menyediakan koleksi tanaman obat, taman apotik hidup juga dilengkapi dengan fasilitas function hall. Galeri jamu herbal dan juga tempat spa dan massage yang dapat dinikmati pengunjung untuk membuat badan lebih rileks dari sebelumnya.

Source http://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/index.php http://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/jelajah/taman-apotik-hidup
Comments
Loading...