Sejarah Stom Juwono

0 127

Stom Juwono

Stom Juwono. Begitulah orang setempat menyebut bangunan ini, bangunan peninggalan belanda yang berdiri di desa Juwono, kecamatan Kertosono ini masih berdiri kokoh di pinggir sawah warga sekitar. Kira kira 500 meter dari jalan raya bangunan mirip tower ini berdiri kokoh sampai sekarang. Tower ini tingginya kira kira 2 kali tinggi tiang listrik.

Di sebelah selatan Stom Juwono ini terbenttang sawah warga sekitar, di sebelah utara ada jalan kecil yg menghubungkan pemungkiman warga sekitar yang ada di sebelah barat dengan lapangan yang ada di sebelah timur tower ini. Menurut orang sekitar tower ini dulunya bekas tower pabrik gula belanda, bisa bayanginkan dulunya telah terbangun pabrik di sekitar tower ini. Memang sekilas tak ada yang spesial tentang tower ini. Namun jika kita sadari ternyata tower ini telah berdiri sejak penjajahan belanda.

Penjajahan belanda berakhir tahun 1945, jika kita kurangi tahun ini dengan 1945 ada 67 tahun lebihkan?!. Stom Juwono ini tetap kokoh berdiri. Selain itu selama kurang lebih 67 tahun, tower ini tahan dari serangan musim hujan, dan musim panas. Sekali lagi, Stom Juwono ini tetap kokoh berdiri. Tak ada coretan tangan usil di tower ini. Hanya saja tak sedikit lumut dan semaksemak yang menggangu Stom Juwono ini. Kurangnya perawatan meragukan untuk bangunan peninggalan belanda ini akan bertahan berdiri kokoh, untuk saat ini mungkin bangunan seperti ini tak begitu di hiraukan pihak pelestariaan lingkungan sekitar.

Namun bangunan yang seperti inilah yang akan menujukan sejarah bagi generasi yang akan datang. Alangkah baiknya jika kitalah yang merawat semuanya mulai sekarang.. agar menjadi simpanan sejarah yang tak ternilai harganya. Meski batu batu tua ini mulai rapuh, menjaga adalah salah satu keperdulian kita untuk bangunan seperti ini.

Source http://ganjilganjil.blogspot.com http://ganjilganjil.blogspot.com/2012/03/stom-juwono.html
Comments
Loading...