Sejarah Stasiun Sukosari

0 75

Stasiun Sukosari

Stasiun Sukosari merupakan stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Sukosari, Sukowono, Jember. Stasiun ini dibangun pada tahun 1900, Bersama stasiun lainnya, stasiun ini sudah tak aktif sejak tahun 2004 karena prasarna yang sudah lanjut usia. Stasiun ini dulu mempunyai dua jalur kereta api. Namun, karena sepinya lalu lalang kereta di jalur ini mengakibatkan pengurangan jumlah jalur menjadi tinggal satu jalur saja. Sebelum ditutup, stasiun ini dilayani oleh kereta api lokal tujuan Panarukan dan Jember.

Mengapa jalur kereta api Kalisat-Panarukan tak lagi digunakan dan dibiarkan menjadi jalur mati? Hanya ada sebuah alasan klise, bahwa prasarana sudah mulai sangat tua, sedangkan biaya perbaikan terhitung tinggi sekali. Tentu ada ketidak-seimbangan dengan pendapatan yang dihasilkan dari penumpang di jalur ini.

Dibandingkan dengan stasiun Ajung yang rata dengan tanah, stasiun Sukosari masih bisa dibilang bernasib baik. Kondisinya memang memprihatinkan. Beberapa genting sudah jatuh. Namun secara keseluruhan, stasiun ini masih sangat memungkinkan untuk diselamatkan. Barangkali ini dikarenakan partisipasi warga sekitar. Mereka sering memanfaatkan stasiun Sukosari untuk menyimpan hasil panen. Jadi secara tidak langsung mereka juga turut menjaga keberadaan stasiun ini.

Source http://karikecingkul.blogspot.com http://karikecingkul.blogspot.com/2014/12/singgah-sejenak-di-stasiun-sukosari.html
Comments
Loading...