Sejarah Stasiun Sedayu

0 68

Stasiun Sedayu

Stasiun Sedayu (SDY) adalah stasiun kereta api nonaktif kelas III/kecil yang berada di Argosari, Sedayu, Bantul dan dulu berada di sebelah barat Stasiun Rewulu. Stasiun berketinggian +88 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta. Pada masa Agresi Militer Belanda, para pejuang menghancurkan stasiun ini agar tidak dapat dimanfaatkan tentara Belanda. Setelah kemerdekaan, stasiun ini dibangun kembali dengan arsitektur yang berbeda.

Stasiun ini nonaktif pada awal tahun 90-an. Walaupun stasiun ini dinonaktifkan, stasiun ini tidak langsung sepenuhnya dimatikan. Selama tahun 90-an difungsikan sebagai tempat operator perlintasan kereta api yang notabene pada saat itu masih menggunakan palang perlintasan yang dioperasikan secara mekanik. Setelah dibangun perlintasan kereta api yang lebih modern, praktis stasiun ini sepenuhnya tidak difungsikan.

Akhir hayat stasiun ini datang ketika pembangunan jalur ganda Kutoarjo-Purwosari yang memakan tanah tempat stasiun ini berdiri. Stasiun ini akhirnya dirobohkan, dan sekarang tempat stasiun ini berdiri telah menjadi bagian dari jalur ganda sebelah utara.

Bangunan kuno yang masih tersisa, dan paling dekat hubungannya dengan stasiun ini adalah mess yang berada di timur bekas tempat stasiun ini berdiri. Dulu difungsikan sebagai rumah dinas pegawai stasiun. Sekarang sebenarnya difungsikan juga sebagai rumah dinas petugas perlintasan kereta api, namun pada praktiknya, petugas yang sedang tidak bertugas lebih memilih pulang ke rumah mereka masing-masing daripada tinggal di rumah dinas tersebut.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Sedayu
Comments
Loading...