Sejarah Stasiun Rewulu

0 88

Stasiun Rewulu

Stasiun Rewulu (RWL) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Stasiun yang terletak pada lokasi dengan ketinggian +88 m ini berada di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun ini memiliki 5 jalur kereta, dan berada dekat dengan depo BBM Pertamina yang terletak 1 kilometer di selatan stasiun, Stasiun Rewulu terhubung secara langsung dengan salah satu jalur rel kereta api melewati perkampungan Gancahan hingga masuk depo.

Dilihat dari Gaya bangunan stasiun mirip dengan yang ada di Stasiun Bantul, Palbapang, Winongo, Kedundang, Sukoharjo, maupun Wojo. Ini bisa dilihat antara lain berupa ventilasi bulat berteralis besi kotak-kotak. Dahulu pernah dibuat percabangan dengan lebar sepur decauville (lebar sepur untuk lori) ke Pabrik Gula Rewulu, namun PG tersebut bangkrut sehingga percabangannya pun sudah dihilangkan.

Stasiun ini dulu kala jaman dulu masih sekolah (diakatan oleh Mas Hardiyanta di Blognya) memang aktif, tapi sekarang tidak lagi, hanya sebagai tempat langsir Gerbong BBM dari Pertamina Rewulu, memang letak stasiun ini di utara dari Pertamina Rewulu yang letaknya kurang lebih di Jalan Wates Km 9, ada diutara jalan

Source http://stasiunrewulu.blogspot.com/ http://stasiunrewulu.blogspot.com/
Comments
Loading...