Situs Candi Risan Gunungkidul

0 42

Lokasi Candi Risan di Gunungkidul

Candi Risan terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Lokasi Candi Risan berada di dekat perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul dengan Kabupaten Sukoharjo tepatnya di dekat Pasar Candirejo.

Sejarah Candi Risan di Gunungkidul

Candi Risan merupakan situs candi terbesar yang pernah ditemukan di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Keberadaan situs candi ini jarang terdengar karena letaknya terpencil dan jauhnya akses menuju ke tempat ini dari pusat kota Yogyakarta. Kondisi candi ini sudah tidak utuh lagi dan menyisakan puing-puing batu yang telah disusun rapi. Candi ini diperkirakan bercorak candi buddha karena terdapat batu yang berbentuk seperti stupa.

Candi masa klasik ini terdiri atas 2 buah bangunan candi yang berderet dari utara ke selatan dengan arah hadap ke barat. Hal ini diindikasikan dengan adanya penemuan trap tangga naik menuju candi. Candi utara berukuran 13 x 13 m; sedangkan candi selatan berukuran 11,5 x 11,5 m. Kedua bangunan candi ini terbuat dari batu putih.

Latar belakang agama di Candi Risan adalah Buddha. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan arca Awalokiteswara dan beberapa bangunan yang bercorak agama Buddha. Arca Awalokiteswara merupakan emanasi (pancaran) Amitabha (Buddha yang menempati arah mata angin sebelah barat. Mudranya adalah Dhyani Mudra dan lambangnya adalah bunga teratai merah atau padma). Oleh karenanya, arca Dhyani Buddha Amitabha selalu terlihat pada mahkotanya.

Secara keseluruhan bentuk asli Candi Risan sudah tidak terlihat. Hal ini dikarenakan bangunan candi sudah teraduk pada bagian bawah. Selain itu, juga karena batunya yang terbuat dari batu putih yang mudah rusak oleh faktor cuaca, serta kondisi tanah yang mudah longsor.

 

Source Candi Risan Gunungkidul Yogyakarta
Comments
Loading...