Sejarah Stasiun Magelang Kota Jawa Tengah

0 122

Lokasi Stasiun Magelang Kota

Stasiun Magelang Kota terletak di Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116.

Sejarah  Stasiun Magelang Kota

Stasiun Magelang Kota atau Stasiun Kebonpolo (kode: MG) adalah stasiun kereta api nonaktif yang berada di Magelang. Stasiun yang terletak di Jalan Oerip Soemohardjo ini terletak di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun Magelang Kota merupakan stasiun kereta api besar pada masa lalu yang dahulu melayani Magelang dan sekitarnya; dan kini telah berubah menjadi Terminal Kebonpolo.

Stasiun Magelang Kota ini dahulu dibangun pada tahun 1898 oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api Hindia Belanda saat itu. Sejak kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, operasional stasiun ini diambil alih oleh perusahaan kereta api Republik Indonesia yang baru dibentuk yaitu Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKA); pendahulu PT Kereta Api Indonesia. Sebelum tahun 1970-an, stasiun ini masih ramai melayani calon penumpang.

Memasuki tahun 1970, penumpang di stasiun ini menurun drastis karena kereta api saat itu berjalan dengan kecepatan sangat pelan. Mereka lebih memilih menggunakan moda transportasi lainya seperti bus, mobil, dan lain-lainnya. Karena terus merugi, Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) terpaksa menutup jalur ini pada tahun 1976.

Setelah dinonaktifan, sebuah gerbong kayu CR dipajang di depan bekas stasiun ini. Hal ini untuk membuktikan bahwa dahulu ini adalah bekas stasiun. Kemudian, pada tahun 2011 gerbong CR itu dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa. Kini bekas stasiun ini telah berubah menjadi Terminal Angkutan Kota Kebonpolo.

Source Sejarah Stasiun Magelang Kota Jawa Tengah Jawa Tengah
Comments
Loading...