Sejarah Stasiun Kudaile Slawi Tegal

0 99

Stasiun Kudaile

Stasiun Kudaile (KDE) merupakan stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Kudaile, Slawi, Tegal, sekitar 600 meter arah utara dari Perempatan Langon Trayeman. tasiun yang teretak pada ketinggian +30 m ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto. Dulunya, stasiun ini merupakan stasiun untuk menaikturunkan penumpang kereta lokal Tegal-Prupuk yang masih ditarik dengan lokomotif uap. Selain itu stasiun ini juga dijadikan gudang penyimpanan hasil bumi seperti tebu, singkong, kayu jati, dan lain-lain.

Tidak jauh dari stasiun ini ada lahan tebu milik rakyat dan rel lori nonaktif yang membentang dari timur ke barat. Diduga rel mati tersebut membelok ke selatan dan mengikuti arah rel yang sekarang masih aktif, yang berujung di gudang penyimpanan hasil bumi. Sekarang stasiun ini menjadi rumah warga dan menjadi tempat usaha toko bunga pemilik rumah tersebut.

Kini stasiun ini hanya terlihat bangunan stasiun, bekas wesel ke jalur 2, bekas peron, dan plang aset dari PT. KAI yang terpasang tidak jauh dari bangunan tersebut.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Kudaile
Comments
Loading...