Sejarah Stasiun Kroya

0 133

Stasiun Kroya

Stasiun Kroya (KYA) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Bajing, Kroya, Cilacap. Stasiun yang terletak pada ketinggian +11 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto. Stasiun yang terletak di jalur kereta lintas selatan Pulau Jawa ini menjadi pertemuan antara jalur kereta api dari arah Bandung-Tasikmalaya dengan jalur kereta api dari Cirebon (Kejaksan)-Purwokerto. Hal ini menjadikan stasiun ini adalah stasiun yang memiliki tingkat lalu lintas KA terpadat di Daop V sekaligus teramai di Kabupaten Cilacap, dan untuk mengakomodasinya, emplasemen stasiun ini dibuat sepanjang 600 m.

Terkait dengan pembangunan jalur ganda lintas selatan Jawa, saat ini Stasiun Kroya sedang menjalani perombakan. Kanopi stasiun diperpanjang dan diagram tata letak stasiunnya sedang menjalani perubahan besar-besaran. Setelah jalur ganda ini beroperasi, sistem persinyalan yang lama khas dari Daop V produksi Westinghouse akan segera digantikan dengan sinyal elektrik terbaru produksi PT Len Industri.

Stasiun ini diperkirakan telah ada sejak pembangunan jalur kereta api Cilacap–Kroya–Kutoarjo–Yogyakarta pada tanggal 20 Juli 1887. Pembangunan ini termasuk membuat jalur cabang menuju Kota Purworejo yang dibuka pada tanggal yang sama.

Pada tanggal 1 Juli 1916, jalur kereta api Prupuk–Kroya dibangun untuk menjaring penumpang dari wilayah Kota Cirebon.

Sejak diresmikannya kereta api Eendaagsche Expres (ekspres satu hari) oleh Staatsspoorwegen (SS) pada tanggal 1 November 1929, stasiun ini digunakan sebagai tempat penggabungan rangkaian Eendaagsche Expres yang melayani rute Batavia-Soerabaja pp dengan pengumpannya (KA feeder) yang datang dari Bandung.

Awalnya, stasiun ini hanya terdiri atas sebuah bangunan utama dan peron yang memiliki kanopi yang hampir mirip dengan Stasiun Manggarai (lihat gambar). Dengan meningkatnya volume angkutan penumpang di stasiun ini, bangunan stasiun ini kemudian diperbesar hingga akhirnya diganti dengan atap overkapping yang memayungi jalur 1–3. Kanopi lama yang mirip dengan Stasiun Manggarai ini sempat muncul dalam film Kereta Api Terakhir.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Kroya
Comments
Loading...