Sejarah Stasiun Kereta Api Tegal

0 658

Lokasi Stasiun Kereta Api

Stasiun kereta api yang terletak di Tegal Timur, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah ini membentang dari utara ke selatan.

Sejarah Stasiun Kereta Api Tegal

Dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij), stasiun dengan atap besar berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

Jalur Kereta Api Stasiun Tegal

Ke arah utara, jalur KA akan membelok ke timur menuju ke Semarang. Dahulu, dari Stasiun Tegal terdapat percabangan jalur yang menuju ke Pelabuhan Tegal. Sementara itu, ke arah selatan, setelah membelok ke barat, jalur ini bercabang dua, satu ke Brebes dan satu lagi ke Slawi menuju Purwokerto.

Stasiun kereta api Tegal yang berada di jalur pantai utara Jawa, adalah satu dari dua stasiun Besar Kelas A di Daop 4 Semarang selain stasiun Besar Semarang Tawang dan merupakan pintu gerbang kota Tegal. Satu-satunya kereta api yang melintas langsung/tidak berhenti di stasiun ini adalah KA Argo Bromo Anggrek.  Stasiun Kereta Api Tegal tidak mengalami banyak perubahan, ini membuktikan bahwa Masyarakat Tegal tidak melupakan akan Sejarahnya.

Source Stasiun Kereta Api Kota Tegal
Comments
Loading...