Sejarah Stasiun Kendal

0 154

Stasiun Kendal

Stasiun Kendal (KL) merupakan stasiun kereta api nonaktif kelas II yang berada di Langenharjo, Kendal, Kendal. Stasiun ini termasuk dalam Wilayah Aset IV Semarang.

Dalam verslag yang dibuat oleh SCS, jalur kereta api Kalibodri–Kendal–Kaliwungu lebih dahulu dibangun, tepatnya tanggal 2 Mei 1897 sebagai segmen Pendrikan–Kendal dan 1 November 1897 sebagai segmen Kendal–Kalibodri. Pada tanggal 1 Januari 1914, segmentasi Kalibodri–Kaliwungu tanpa via Kendal selesai diresmikan untuk memangkas waktu perjalanan, dan jalur inilah yang sampai saat ini digunakan. Walaupun demikian, Stasiun Kendal tetap dipertahankan sebagai stasiun utama di Kabupaten Kendal hingga akhirnya ditutup tahun 1980.

Jalur ini dinonaktifkan seluruhnya pada tahun 1978-1980 karena okupasi penumpang yang rendah dan jarak antara Kalibodri–Kendal–Kaliwungu dinilai lebih jauh. Bangunan stasiun ini sempat dilakukan renovasi oleh PT KAI sekitar tahun 2015 dengan cara mengecat ulang dindingnya dan memasang papan nama stasiun era PT KAI versi 2011, namun sayangnya bangunan tersebut kembali mangkrak dan terlihat kurang terawat akibat terkena vandalisme.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Kendal
Comments
Loading...