Sejarah Stasiun Banjaran (Tegal)

0 27

Stasiun Banjaran (Tegal)

Stasiun Banjaran (BJN) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Adiwerna, Adiwerna, Tegal. Stasiun yang terletak pada ketinggian +19 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto.

Stasiun ini terletak tak jauh dari pasar tradisional. Stasiun ini sebenarnya memiliki ruang tunggu, namun seiring tak ada KA yang singgah di stasiun ini, praktis stasiun ini pun menjadi sepi. Stasiun ini awalnya memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus, namun kini hanya tersisa jalur 2 saja, sedangkan dua jalur lainnya sudah dibongkar semua.

Benda-benda peninggalan Belanda masih tersimpan di stasiun ini, salah satunya berupa brankas yang berada di ruang kepala stasiun. Di samping stasiun ini juga terdapat gudang yang saat ini digunakan sebagai penyimpanan perlengkapan perawatan jalan rel. Sebelumnya gudang tersebut merupakan tempat penyimpanan hasil-hasil bumi dari arah Tegal maupun Purwokerto.

Bangunan stasiun ini sudah dinonaktifkan dan tidak ada lagi layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini. Sistem persinyalan dan wesel sudah dicabut semua.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Banjaran_(Tegal)
Comments
Loading...