Sejarah STAI Kuala Kapuas Kalimantan Tengah

0 27

STAI Kuala Kapuas

Pada awalnya STAI Kuala Kapuas adalah Fakultas Tarbiyah dengan program Sarjana Muda yang didirikan pada tahun 1985 di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Karya Pembangunan.

Berdasarkan petunjuk Rektor IAIN Antasari Banjarmasin, nama Fakultas Tarbiyah hanya dipergunakan pada lembaga Institut atau Universita, maka berubahlah Fakultas Tarbiyah Kuala Kapuas menjadi STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Kuala Kapuas. Berdasarkan rekomendasi Rektor IAIN Antasari Banjarmasin tanggal 28 Agustus 1986 Nomor:835/PP.009/E/88, maka Kopertais Wilayah IV Surabaya memberikan ijin operasional dengan surat keputusan Ketua Kopertais Wilayah IV Surabaya tanggal 4 Maret 1987 Nomor: 99/K/F-9/PI/1987 yang berlaku sejak tanggal 1987.

Konsekuensi perubahan, juga berpengaruh pada perubahan pengelola, sehingga dibentuklah yayasan tersendiri yang khusus mengelola pendidikan tinggi dengan terbitnya akta notaris Lily Dharma SH, di Banjarmasin dengan akta tertanggal 10 Oktober 1988 dan serah terima antara Yayasan Pondok Pesantren Karya Pembangunan (YPPKP) di lakukan pada tanggal 5 Nopember 1988, dengan nama Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al Mukarram.

Setelah mengalami proses yang panjang, STIT Kuala Kapuas diakui keberadaannya dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 83 tahun 1990 dengan Status TERDAFTAR untuk program Strata Satu (S1) Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1999, STIT Kuala Kapuas di kembangkan dan diperluas menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) dengan penambahan sebuah jurusan Syariah program strata satu dengan program Studi Ahwal Assyaksiah dan Diploma II Jurusan PAI dengan terbitnya surat Ketua Kopertais Wilayah XI Kalimantan Nomor; 14 tahun 2001 dan SK C/II/14/2001 tanggal 9 Maret 2001 tentang Status terdaftar Diploma II.

Pada tahun 2000 Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terakriditasi oleh Badan Akkreditasi Nasional Depdiknas RI, dengan kualifikasi C. Kemudian pada tahun 2004, Jurusan Tarbiyah program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terakreditasi kembali dengan kualifikasi B. Untuk saat ini jurusan yang dikembangkan adalah jurusan tarbiyah dengan program studi Pendidikan Agama Islam.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/61571/stai-kuala-kapuas-kalteng.html
Comments
Loading...