Sejarah SMPN 2 Gombong

0 291

Sejarah SMPN 2 Gombong

Jika kita melawati Jalan Kartini Nomor 2 Gombong, Kebumen tampak sebuah bangunan yang begitu kuat nuansa indisnya. Bangunan ini merupakan SMP N 2 Gombong. Bangunan ini melewati perjalanan waktu yang begitu panjang. Walaupun begitu, bangunan ini masih menampakkan ciri aslinya.

Bangunan SMPN 2 Gombong memiliki kriteria sebagai Bangunan Cagar Budaya. Bangunan sudah masuk dalam inventarisasi BPCB Jawa Tengah dengan nomor: 11-05/Kbe/TB/18.

Pada masa Hindia Belanda, dengan mulainya Politik Etis (1914) oleh Belanda maka mulai didirikan sekolah-sekolah meskipun sangat terbatas. Diantaranya adalah Sekolah SMPN 2 Gombong yang duhulu merupakan sekolah HIS (Hollandsch-Inlandsche School). Ciri-ciri bangunan sebagai bangunan indis masih tampak pada bentuk jendela dan pintu dengan model jalusi (krepyak:Jawa) dengan ukuran besar. Untuk mengatasi tampias air, maka bangunan ini dilengkapi dengan tritisan. Pada bangunan depan yang menghadap jalan raya juga masih tampak lengkungan Eropa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/smpn-2-gombong-jejak-politik-etis-belanda/
Comments
Loading...