Sejarah SMPN 1 Panumbangan

0 35

SMPN 1 Panumbangan

Berdasarkan fakta sejarah SDN 1 Golat Panumbangan Ciamis ternyata merupakan tempat cikal bakal berdirinya SMPN 1 Panumbangan. Mulanya di SDN 1 Golat didirikan — atau lebih tepatnya dilaksanakan — sebuah sekolah tingkat SMP yang merupakan filial dari SMPN 2 Ciamis. Hal ini didasari oleh keadaan belum adanya sekolah tingkat SMP di Wilayah Kewadanan Panumbangan (Sekarang telah menjadi kecamatan Panumbangan, Cihaurbeuti, Panjalu). Pada saat itu, guru-guru yang mengajar di SMP tersebut antara lain: Bapak Maman Suparman, Bapak Engkus Kusmana, Bapak Unan Sunarya, Bapak Otong, Bapak Hendra dan lain-lain.

Pada tahun 1961, mulailah digagas untuk didirikan sebuah bangunan SMP secara mandiri. Waktu itu, karena belum ada bantuan dari pemerintah, maka bangunan tersebut didirikan atas swadaya masyarakat dan kerjasama dengan PUMG (Persatuan Orang Tua Murid), bangunan tersebut didirikan di wilayah Desa Panumbangan di lokasi SMP sekarang, dengan diprakarsai oleh 3 Kecamatan : Panumbangan, Cihaurbeuti, dan Panjalu yang dulu berada dalam wilayah Kewadanaan Panumbangan. Di belakang Bangunan SMP ada sebuah pabrik pengolahan tepung aci, namun pada waktu itu, meskipun bangsa Indonesia telah merdeka, tetapi masih sering terjadi pemberontakan, maka pada tahun 1962 pabrik itu dibakar karena alasan tertentu.

Pada Awalnya, SMPN 1 Panumbangan hanya mendirikan 3 ruangan kelas. Bangunan tersebut dibangun di sekitar ruangan kantor TU sekarang. Pada waktu itu, SMP yang ada di Kewadanan Panumbangan hanya satu, yaitu SMP Panumbangan. Hal ini menyebabkan siswa yang melanjutkan ke tinggat SMP berasal dari wilayah Panumbangan, Panjalu, Cihaurbeuti bahkan ada yang berasal dari wilayah Ciawi. Murid untuk angkatan pertama, kurang lebih berjumlah 60 orang, namun meskipun jumlah siswa masih sedikit, tapi para siswa tetap kompak, misalnya, di setiap hari Sabtu selalu diadakan Hari KRIDA (sekarang Opsih). Setiap siswa membawa peralatan keresihan dari rumah masing-masing. Kemudian, mereka bergotong royong bahu membahu menata sekolah agar lebih nyaman.

Source https://blog.smpn1panumbangan.sch.id https://blog.smpn1panumbangan.sch.id/read/2/sejarah-sekolah
Comments
Loading...