Sejarah SMP Negeri 3 Purworejo

0 241

SMP Negeri 3 Purworejo

Sekolah ini dulunya bernama SMP N 1 Kutoarjo yang tentunya sekolah ini sangat favorit bagi masyarakat yang berdomisili sekitar Kutoarjo, Bayan, Kemiri, Butuh, dan Grabag. SMP N 3 Purworejo adalah ex sekolah pertama kali di Kabupaten Purworejo yang menyandang rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di masanya. Kualitas dan mutu di sekolah ini tak dapat dinafikan karena sekolah ini dalam berkompetisi selalu menjadi bayang-bayang/pesaing berat SMPN2 contohnya saat diadakanya pagelaran rutin pra UN yaitu TUC1 UN SMP se Kabupaten Purworejo yang terdiri lebih dari 11 ribu siswa kelas IX tertera peringkat 100 besar hanyalah menjadi monopoli SMPN3 dan SMPN2.

Untuk peringkat TUC1 100 besar kabupaten, SMPN3 menyumbangkan 45 siswa terbaiknya sedangkan SMPN2 hanya menyumbangkan 37 siswa, untuk peringkat 10 besar didominasi oleh siswa SMPN3 Purworejo maka dari itu sekolah ini dalam berkompetisi selalu menjadi bayang-bayang rival beratnya yaitu SMPN2 menurut penulis kualitas SMPN2 dan SMPN3 tidaklah jauh berbeda hanya sebatas unsur kerelatifan. SMPN3 Purworejo juga dikenal sebagai sekolah pencetak sang juara, sekolah ini juga tidak kalah eksis sering menjuarai berbagai ajang perlombaan.

Untuk nilai masuk passing grade/nilai terbawah PPDB 2014 disekolah ini adalah 26.20 dan nilai tertingggi di sekolah ini yaitu 29.10 rata-rata (9.7). Namun daya tempung sekolah ini berbeda dengan jajaran sekolah peringkat teratas lainya. Kalau biasanya SMPN2, SMPN5, dan SMPN1 menerima peserta didik sebanyak 192 setiap tahunya akan tetapi SMPN3 menerima peserta didik baru lebih banyak dibanding rivalnya yaitu sebanyak 224 siswa baru. Jadi dengan daya tampung yang terbilang cukup banyak untuk sekolah yang kualitasnya tidak diragukan lagi menjadi nilai plus bagi calon siswa yang ingin mengakses pendidikan berkualitas di SMP N 3 Purworejo.

Peringkat UN se provinsi jawa tengah untuk tahun 2010/2011 berhasil menduduki posisi 8 teratas di bawah SMPN2 sedangkan pada tahun lulus 2013/2014 SMPN3 sedikit mengalami kemrosotan yaitu peringkat 9 Provinsi Jawa Tengah. Saking banyaknya alumni dari sekolah ini sehingga mereka menyebar di berberapa SMA/SMK favorit tapi tak kalah juga output/lulusan dari SMPN3 turut mendominasi bersamaan dengan SMPN2 yaitu mendominasi di SMA N 1 Purworejo. Biasanya juga alumni dari SMPN3 ada yang menyebar ke SMAN7, SMKN1, SMAN2, maupun SMKN2.

Source https://yuliyantoe.blogspot.com https://yuliyantoe.blogspot.com/2014/08/smp-terbaik-dan-favorit-di-purworejo.html
Comments
Loading...