Sejarah SMP Negeri 2 Purworejo

0 97

SMP Negeri 2 Purworejo

Bangunan gedung sekolah ini mula-mula dibangun pada tahun 1917, oleh pemerintah Hindia Belanda. Bangunan asli berdiri di atas tanah seluas 6580 meter persegi, terdiri 7 ruang belajar, sebuah bangsal oleh pemerintah Hindia Belanda bangunan ini digunakan untuk ELS ( Europese Lagere School ) sebuah sekolah untuk anak-anak Belanda. SMPN2 ini terletak di jantung kota Purworejo sekolah ini adalah ex: RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan menduduki posisi teratas sebagai sekolah tervaforit/terbaik di Purworejo, tentunya sekolah ini menjadi terfavorit bagi masyarakat Purworejo kota ( warga domisili sekitar sekolah tersebut ). Sekolah ini selain mengadakan kelas reguler masa belajar 3 tahun, rupanya juga membuka kelas Akselerasi/Percepatan yaitu masa belajar 2 tahun.

Untuk tahun lulusan 2010/2011 nilai UN dairih sekolah ini masuk 7 besar terbaik se Provinsi Jawa tengah sedangkan untuk tahun lulus 2013/2014 sekolah ini menduduki peringkat 2 terbaik provinsi jawa tengah dengan perolehan rata-rata nilai UN 36.71. Berdasarkan nilai masuk PPDB 2014 passing grade terbawah untuk diterima di SMPN2 yaitu siswa lulusan SD harus mempunyai nilai UN 26.85 dan passing grade tertinggi 29.55. Fantastis rupanya rerata nilai UN SD yang masuk di SMPN2 tahun 2014 yaitu 27.76 dan bila dibagi dengan 3 mapel yaitu 9.25. sekolah ini biasanya setiap tahun ajaran baru menerima peserta didik baru sebanyak 192. Sekolah ini sangat seimbang jika dibandingkan apple to apple dengan SMPN3 walaupun sekolah ini satu tingkatan lebih mengungguli dari SMPN3.

Output dari sekolah ini umumnya terkenal dengan istilah bedol desa melanjutkan di SMA Favorit di Purworejo yaitu SMA N 1 Purworejo, tapi bagi mereka yang terdepak atau punya motivasi lain biasanya memilih SMA/SMK dengan persaingan di bawah SMA1. Serta siswa-siswi di sekolah ini bersamaan dengan siswa-siswi SMPN3 sering mewakili kabupaten purworejo dalam berbagai ajang lomba bergengsi tingkat Provinsi bahkan sering juga pulang berpenghargaan dan membawa medali dalam lomba tingkat nasional. Yang paling fenomenal adalah di bulan januari 2013 salah satu siswa SMPN2 berhasil meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains Internasional di Teheran, Iran. Tak ketinggalan pula juara II tingkat Nasional penggalang putri.

Source https://yuliyantoe.blogspot.co https://yuliyantoe.blogspot.com/2014/08/smp-terbaik-dan-favorit-di-purworejo.html
Comments
Loading...