Sejarah SMP Negeri 1 Selogiri

0 96

SMP Negeri 1 Selogiri

SMP Negeri 1 Selogiri merupakan sebuah sekolah menengah pertama (SMP) yang terletak di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia. Sama seperti SMP pada umumnya, masa pendidikan sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran.

Pada waktu sekitar tahun 1960 di wilayah kecamatan Selogiri ada kesenjangan yang menyolok antara usia anak sekolah SMP dengan sarana dan prasarana sekolah. Anak-anak yang berada di wilayah ini memiliki kesulitan untuk sekolah setelah lulus sekolah dasar (SD). Mereka harus melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Wonogiri yang jaraknya jauh dan daya tampung siswa yang sangat terbatas.

Sehubungan dengan hal tersebut banyak anggota masyarakat yang memberi masukan dan meminta bantuan kepada pemerintah. Seorang camat Selogiri yang bernama Isnu Hudoyo pada waktu itu berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat yang dipandang memiliki potensi memberikan kontribusi. Hal itu segera dilaporkan hasilnya kepada Bupati Wonogiri pada saat itu Sumo Harmoyo yang ditanggapi dengan serius dan antusias serta menyarankan segera mengambil langkah-langkah agar segera terwujud.

Setelah dibentuk kepanitiaan segera mewujudkan sarana dan prasarana sekolah, di antaranya pada tahun 1963 Camat Selogiri menugaskan kepada Kepala Desa Kaliancar Untuk menentukan dan mencari lokasi pembangunan gedung SMP di kecamatan Selogiri. Kemudian ditetapkan letak pembangunan gedung SMP yaitu yang sekarang bernama SMP Negeri 1 Selogiri dengan alamat Jalan Gunung Wijil, Kaliancar, Selogiri. Pada pertengahan tahun 1963 pembangunan sudah selesai yang terdiri tiga ruang untuk kelas dan satu ruang untuk kantor guru dan tata usaha.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/SMP_Negeri_1_Selogiri
Comments
Loading...