Sejarah SMP Negeri 1 Purworejo

0 13

SMP Negeri 1 Purworejo

Sekolah ini menduduki peringkat ke 4 Kabupaten Purworejo dan tentunya sekolah yang berlokasi di sekitran pusat kota Purworejo ini menjadi favorit ke dua setelah SMPN2. Bangunan sekolah ini terletak sangat strategis di jantung kota Purworejo dimana letaknya berdampingan dengan SMAN7 di sebelah selatan museum Tosan Aji. Berdasarkan pengamatan penulis tanpa tendensi merendahkan sekolah ini sangat minim pembangunan bisa dilihat dari plang/papan nama sekolah untuk standar sekolah jajaran atas di kabupaten Purworejo yang masih terbuat dari lempengan tipis dari plat baja dimana rata-rata sekolah lain sudah menggunakan cor beton dan berhias perlak-perlik keramik.

Serta bisa juga dilihat dari luar sangat kentara dimana lapangan basket yang sudah sangat uzur jeruji dan jejaring lapangan basket korosi termakan usia. Nilai plus dari bangunan sekolah ini masih mempertahankan warisan bangunan-bangunan budaya belanda dimana identik dengan ruangan sangat lega dan langit-langit yang ekstra luas sehingga suasana belajar di SMPN1 sangatlah nyaman serasa retro tempoe dulu bisa jadi diimjinasikan belajar tempo dulu tempo perjuangan melawan penjajahan dan penindasan lahir batin.

Sangatlah wajar jika bangunan-bangunan SMPN1 merupakan bangunan-bangunan bercorak belanda karena sekolah ini adalah sekolah tertua di Kabupaten Purworejo. Konon sekolah ini dulu sempat menjadi SMPN terbaik Se Purworejo dan menjadi kiblat standar kualitas SMP Negeri di Purworejo. Seiring berjalanya waktu rotasi roda itu berputar tidaklah selalu diatas tapi terkadang dibawah juga, sehingga seiring dengan kuncup bunga menjadi layu lambat lahun kedigdayaan sekolah ini tersalip oleh rivalnya SMPN2 & SMPN3 dan sempat bertahun-tahun bertengger menduduki kursi no 3 terbaik Purworejo.

Seiring dengan rona memerah matahari pagi menjadi siluet terbenamnya matahari sore usut punya usut dan omong punya omong posisi peringkat sekolah ini menurun satu tingkat dibawah posisi nyamanya yaitu peringkat 4 Purworejo dari berbagi ajang perhelatan uji coba UN maupun UN resmi yang diselenggarakan pemerintah pusat. PPDB 2014 passing grade/nilai terbawah sekolah ini yaitu 25.85 dan nilai tertinggi yaitu 28.75 sementara itu rata-rata nilai masuk SMPN1 adalah 26.6 rerata (8.86). Alumni/output dari sekolah ini terkenal dengan istilah lompat pagar setelah lulus dimana mereka banyak yang melanjutkan ke SMA N 7 Purworejo yang hanya berbatasan dengan sekat dinding diantara keduanya, sedangkan yang melanjutkan ke SMA N 1 Purworejo rata-rata sebanyak 20 s.d. 30 siswa tetap masih kalah banyak dengan alumni SMPN2 & SMPN3. Alumni sekolah ini relatif fleksibel banyak juga yang menyebar ke SMKN1, SMAN6, SMKN3, dan lain-lain.

Source http://indahnyasmpn1.blogspot.comhttp://indahnyasmpn1.blogspot.com http://indahnyasmpn1.blogspot.com/2016/01/smp-negeri-1-purworejo.html
Comments
Loading...