Sejarah SMP Negeri 1 Lumajang

0 177

SMP Negeri 1 Lumajang

Gagasan beridirinya SMP Negeri 1 Lumajang terjadi pada bulan Nopember 1945. Ketika Bapak Poeger Kepala P P dan K Karesidenan Malang berkunjung ke Kabupaten Lumajang. tokoh-tokoh Pendidikan Kabupaten Lumajang mengusulkan supaya didirikan Sekolah Menengah Pertama. (SMP) di Kabupaten Lumajang.

Dalam perkembangannya pada tahun 1947, SMP 1 Lumajang telah diresmikan menjadi SMP Negeri. Pada tahun 1948, waktu Lumajang dikuasai Belanda, SMP mengalami peningkatan kelas, yaitu sampai tingkatan kelas IV. Para pelajar pada waktu itu bukan saja sebagai murid yang sibuk dengan mata pelajaran, tetapi juga turun tangan membantu perjuangan Bangsa Indonesia unfuk merebut kemerdekaan.

SMP dipakai sebagai tempat penyelinapan anggota TRIP yang mencari informasi di kota, sehingga tidak sedikit pelajar SMP Lumajang ditangkap oleh IVG dan dijebloskan ke penjara, bahkan ada yang gugur dalam menjalankan tugasnya sebagai penghubung. SMP Negeri 1 Lumajang pada waktu itu disebut sebagai SMP Perjuangan.

Gedung SMP dahulu berbentuk huruf L yang terdiri dari lima kelas kemudian pada tahun 1948 bertambah empat kelas lagi yaitu sebelah utara sehingga berbentuk huruf U, Pada akhir tahun 1969, SMP dapat membangun ruangan di sebelah selatan, berkat kerja sama kepala sekolah dengan pengurus POMG dan pemerintah daerah. Bangunan tersebut terdiri dari sebuah ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha dan sebuah kelas, sehingga ruang kelas menjadi 9 buah.

Source http://spensalu-8a.blogspot.com http://spensalu-8a.blogspot.com/2012/01/sejarah-smp-negeri-1-lumajang.html
Comments
Loading...