Sejarah SMP N 5 Malang

0 123

Sejarah SMP N 5 Malang

SMP Negeri 5 Malang Berdiri tahun 1961 yang merupakan peralihan dari SGB 2 Malang. Dengan NSS/DIK : 201056101004 / 162682 berada di Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen dengan luas tanah 10.240 m2 dan luas bangunan 5.640 m2. Letak sekolah di jalan Wr. Supratman 12 Malang yang  berdekatan dengan  instansi pemerintah,  pemukiman warga masyarakat dan juga berada di tengah kota yang sangat strategis, karena  dilalui oleh semua jalur transportasi, sehingga mudah dijangkau oleh siswa dan masyarakat .
Minat  masyarakat untuk bersekolah di SMP Negeri 5 Malang  tergolong tinggi, hal ini juga dapat memberi gambaran bahwa Perkembangan kesadaran penduduk akan pentingnya pendidikan semakin tinggi. Warga masyarakat yang bersekolah di SMP Negeri 5 Malang  memiliki pandangan bahwa SMP Negeri 5 Malang memiliki pelayanan yang memadai dari berbagai bidang yang berbasis IT didukung sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan sekolah sehat tingkat nasional dan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkunan yang sangat kondusif untuk kegiatan belajar
Prasarana pendidikan, peralatan pendidikan yang dimiliki oleh SMP Negeri 5 Malang  telah diupayakan terstandar yang berbasis IT. Ditiap kelas telah disiapkan TV, CD player, LCD atau OHP,  komputer, dan internet, laboratorium IPA, , laboraturium komputer, dan laboraturium bahasa serta ruang UKS. Media pembelajaran multi media yang dimiliki terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa yang terus berkembang. Ruang perpustakaan dan jumlah buku perpustakaan yang koleksi bukunya terus ditambah dan secara terus menerus menjalin kerja sama dengan berbagai mitra demi terpenuhinya buku koleksi untuk para siswa. Studio mini atau ruang TV Kabel yang dapat diakses ke seluruh kelas baik untuk pembelajaran atau kegiatan siswa. koperasi siswa,  kantin sekolah yang berjumlah 11 stan yang dikelilingi tanaman penghijauan yang rindang dan taman yang telah ditata sebagai taman belajar sekaligus untuk beristirahat serta bermain.
Tahun 2007 Depdiknas telah menetapkan sejumlah SMP di Indonesia menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional  ( RSBI ).  SMP Negeri 5 Malang  pada tahun pelajaran 2008 – 2009 ditunjuk sebagai salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI ) dengan Surat Keputusan  Direktur PSMP Dirjen Mandikdasmen No. 230/C3/Kep/2008.
SMP Negeri 5 Malang memiliki  memiliki 3 Rombel untuk kelas 8 dan 5 Rombel untuk kelas 7, selain program tersebut penyelenggaraan pendidikan secara regular pada umumnya ditingkat SMP diselesaikan dengan masa belajar 3 tahun dengan peserta didik tiap kelas rata-rata 34-36, juga melaksanakan program Akselerasi (percepatan belajar) yang terdiri 1 rombel pada tahun pelajaran 2009/2010 dengan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur No. 188.4/7886/103.03/2009. Untuk itulah keberadaan siswa yang memiliki potensi kecerdasan lebih tersebut perlu adanya upaya solusi pelayanan pendidikan yang memungkinkan dapat mengembangankan potensinya secara optimal.
Source http://fokas5malang92.blogspot.com http://fokas5malang92.blogspot.com/p/sejarah-smp-5-malang.html
Comments
Loading...