Sejarah SMKN 2 Blitar, SMEA Kosgoro versi Negeri

0 44

SMKN 2 Blitar, SMEA Kosgoro versi Negeri

Warna merah terkesan amat dominan di Blitar, kota kelahiran dan sekaligus kota pemakaman Bung Karno. SMKN 2 Blitar pun tak luput dari trend itu. Pagar sekolah dan lisplang gerbang sekolah tampak ngejreng berwarna merah, kontras dengan warna hijau klasik tembok ruang kelas sekolah. Tak jauh beda dengan nuansa warna pintu gerbang RS Syuhada Haji yang berada tepat di seberang jalan. Lebih meriah lagi, yang mungkin juga karena sedang dalam suasana 17-Agustusan, potret besar Soekarno yang tengah memekik pun menghiasi kedua bangunan publik itu.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Blitar mulanya adalah SMEA (Sekolah Menegah Ekonomi Atas) Kosgoro. Sekolah swasta itu pada 1966 dinegerikan menjadi SMEA Negeri Blitar. Di masa awalnya, SMEA itu berada di Jalan Kerantil, Blitar. Baru pada 1974 ia pindah ke tempat yang sekarang, di Jalan Tanjung, dan kini punya 40 ruang kelas. Dan pada 1997, ketika nama semua SMEA dan STM diubah menjadi SMK, SMEA Negeri Blitar pun tukar nama menjadi SMKN 2 Blitar.

Eskada, nama gaul bagi SMKN 2 Blitar, tergolong sekolah yang oke. Pada Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 yang baru lalu, para siswanya dinyatakan lulus 100 persen. Tahun sebelumnya, kabarnya juga begitu, plus mencatat nilai UN tertinggi seantero Kota Blitar.

Source https://indoplaces.com https://indoplaces.com/mod.php?mod=indonesia&op=view_region®id=3731
Comments
Loading...