Sejarah SMK PGRI 1 Gresik

0 15

SMK PGRI 1 Gresik

SMK PGRI 1 Gresik didirikan pada tahun 1989 oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Gresik dengan nama STM PGRI Gresik. Sekolah ini merupakan alihfungsi dari Sekolah Pendidikan Guru (SPG) PGRI Gresik atas prakarsa Bapak Drs.H.Mudjoko, M.Pd.yang sekaligus berperan sebagai nahkoda dalam pengelolaan lembaga ini. Sekolah yang terletak di di sebuah gang kecil, kelurahan Ngipik,tepatnya di Jalan Dr.Sutomo nomor 46 Gresik ini,pada awalnya hanya memiliki satu program keahlian yaitu Teknik Mesin Tenaga dengan jumlah siswa hanya 72 orang.

Namun berkat kegigihan dan keuletan kepala sekolah dengan dukungan para guru dan karyawan yang memiliki loyalitas tinggi dan komitmen yang kuat serta bekerja keras tanpa mengenal waktu, akhirnya sekolah ini dari tahun ke tahun semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat Gresik. Hal ini terbukti pada awal berdiri hanya mendapatkan 2 kelas,namun pada tahun ke tiga saat penerimaan siswa baru sudah mendapatkan 6 kelas. Hal ini menunjukkan betapa besarnya tingkat kepercayaan masyarakat Gresik untuk menyekolahkan putranya di SMK PGRI 1 Gresik, sehingga pada tahun 2001 hanya dengan 2 program keahlian saja yaitu Teknik Mesin Perkakas dan Teknik Otomotif,telah memiliki 1000 siswa lebih. Ini semua tidak luput dari perjuangan Kepala SMK PGRI 1 Gresik,sebagai Sang Nahkoda,yang kemudian diteruskan oleh Drs.Arief Susanto,M.Pd. pada tahun 2005.

Berawal dari profesinya sebagai petugas Perpustakaan di SPG PGRI Gresik sejak tanggal 18 Desember 1981,beliau merupakan sosok yang memulai semua kariernya dari bawah.Berbagai jabatan dan profesi telah beliau alami.Di samping sebagai petugas perpustakaan,saat itu ,beliau pagi harinya juga sebagai guru di salah satu SD terpencil di kecamatan Cerme.Selain profesi guru,beliau juga memiliki kemampuan profesi di bidang seni pramuwicara (MC Pengantin). Profesi sebagai MC pengantin, baru beliau kurangi berangsur-angsur sejak beliau diangkat menjadi kepala sekolah pada tahun 2005 dan pada akhirnya berhenti sama sekali pada saat ini.

Kondisi dan pengalaman yang serba memprihatinkan di masa lampaunya itulah yang pada akhirnya membentuk kepribadian yang penuh dengan kepekaan akan nasib anak buahnya.Beliau selalu berpikir bagaimana cara meningkatkan kesaejahteraan guru-guru yang mengajar di SMKPGRI 1 Gresik.”Saat ini saya yang dipercaya untuk menjadi kepala SMK PGRI 1 Gresik,yang hakikatnya adalah seorang pelayan,saya berkeinginan untuk menjadi kepala sekolah yang bisa membawa SMK PGRI 1 Gresik ,mewujudkan impiannya menjadi lembaga diklat kejuruan yang berstandar Internasional dan saya juga menginginkan agar masyarakat semakin mempercayakan pendidikan putra-putrinya di SMK PGRI I Gresik” Ujar beliau saat dilantik menjadi kepala sekolah,(MADKRESI edisi 18 Desember 2004.)

Source https://smkpgri1gresik.sch.id https://smkpgri1gresik.sch.id/web/2018/07/11/sejarah-singkat/
Comments
Loading...