Sejarah SMK Negeri 4 Malang yang Lahir dari Tangan Keuskupan Malang

0 74

Sejarah SMK Negeri 4 Malang yang Lahir dari Tangan Keuskupan Malang

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang terkenal sebagai pencetak ahli grafis (percetakan) dari Malang. Tak banyak yang mengetahui ternyata sejarah SMK Negeri 4 Malang ini lahir dari tangan misi Gereja Katolik di bawah kendali Keuskupan Malang pada tahun 1937 silam.
Pada saat pertama kali didirikan, sekolah ini bernama Sekolah Teknik Pertama Percetakan (Grafisce School) dengan masa belajar dua tahun. Dulunya sekolah tersebut menempati gedung di Jalan Frateran No. 21 (sekarang Jalan Jaksa Agung Suprapto). MRG. Aliers O’Carm yang memimpin langsung pembentukan sekolah ini, sedangkan kepala sekolah pertama adalah FR. Cicilianus HCA Lommelaars.
Pada tahun 1953, sekolah tersebut berganti nama menjadi Sekolah Kerajinan Negeri (SKN) dengan masa belajar tiga tahun. Saat itu sekolah ini menerima siswa baru lulusan dari Sekolah Rakyat (SR). Tak lama kemudian, hanya selang setahun, sekolah tersebut kembali berubah nama menjadi Sekolah Teknik Menengah (STM) Bagian Percetakan, dengan masa belajar tetap tiga tahun. Keuskupan Malang menunjuk FR. Nolascus Waijers sebagai kepala sekolah. Lokasi sekolah ini juga berpindah ke gedung baru di Jalan Bengawan Solo No. 38 (sekarang Jalan R. Tumenggung Soerjo).
Perubahan nama terjadi lagi pada tahun 1957, di mana nama sekolah ini menjadi Sekolah Guru Pendidikan Teknik (SGPT) Percetakan. Dua tahun kemudian, namanya diganti lagi menjadi Sekolah Menengah Teknik (SMT) Grafika. M Sultany Arief ditunjuk sebagai kepala sekolah yang baru. Tahun 1959 kepala sekolah yang lama digantikan oleh Soedijono yang pensiun pada tahun 1993. Kemudian, Drs. Soeminto sebagai PLH kepala sekolah.
Ir. Drs. Barno Ardoto diangkat sebagai kepala sekolah pada tahun 1994. Selang setahun, kepala sekolah berganti Syaiful Rachman.
Nama SMT Grafika baru berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang pada tahuh 1996. Dengan menyandang nama baru, sekolah ini pindah ke gedung baru pula di Jalan Tanimbar No. 22 Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, hingga kini.
Drs. Ami Darmawan didapuk menggantikan kepala sekolah sebelumnya pada tahun 1999. Kemudian pada tahun 2002 sekolah ini membuka bidang keahlian baru, yakni Teknologi Informasi (TI). Pada tahun 2003, jabatan kepala sekolah berganti kepada Drs. L. Sordarsono yang kemudian digantikan lagi oleh Drs. H. Supandi, S.Pd. M.Si pada tahun 2004.
Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2019/02/11/sejarah-smk-negeri-4-malang-lahir-tangan-keuskupan-malang/
Comments
Loading...