Sejarah SMK Negeri 2 Pariaman

0 21

Sejarah SMK Negeri 2 Pariaman

SMK Negeri 2 Pariaman pada mulanya terletak di Kelurahan Kampung Pondok Jalan Pangeran Diponegoro No.48 Kota Pariaman, berstatus Negeri di bawah Yayasan Pemerintah Daerah Padang Pariaman.

Berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 20 November 1984 nomor: 0559/01/1984, diresmikanlah penegerian sekolah ini oleh Kanwil Depdikbud Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 30 Desember 1985.

Sebelumnya sekolah ini didirikan pada tahun 1959 dengan kepala sekolah Bapak Abdul Malik yang kegiatan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar menumpang di SMA Negeri Pariaman, dengan jumlah siswa satu lokal tidak ada penambahan sampai tamat (kelas tunggal). Pada tahun 1961 sekolah ini menumpang belajar di gedung SMEP Negeri Pariaman yang dipimpin oleh Bapak Baharudin Jamal dan guru-gurunya sebagian besar adalah guru SMEP Negeri Pariaman.

Pada tahun ini sekolah hanya bertahan 6 bulan disebabkan guru-gurunya banyak yang sedang tugas belajar sehingga siswa terpaksa pindah ke sekolah lain. Pada tahun 1965 dengan inisiatif DPRD Tingkat II Padang Pariaman didirikan kembali SMEA Pemda Pariaman dengan Kepala Sekolah Bapak Nazar Hakim dan tempat belajar masih menumpang pada SMEP Negeri Pariaman, proses belajar mengajar terus berlanjut sampai pimpinan sekolah diserahterimakan kepada Bapak Alhadar Alam BA. Beliau memimpin sekolah sampai pada tahun 1982.

Dimasa itulah dibangun ruang belajar sendiri untuk SMEA Pemda Pariaman, Jalan Diponegoro No. 48 Pariaman. Dari tahun 1982 sampai dengan tahun 1985 pimpinan dipegang oleh Bapak Bachtiar Said yang berasal dari SMEA Negeri 1 Padang. Di masa ini dimulai persiapan penegrian menjadi SMEA Negeri Pariaman dengan kepala Sekolah pertamanya Bapak Asrin Zainal yang sebelumnya bertugas sebagai wakil kepala sekolah SMEA Negeri Payakumbuh. Berdasarkan anggaran DIP mulai tahun anggaran 1994/1995 mulailah dibangun gedung baru SMEA Negeri Pariaman di atas tanah bekas bangunan STM Negeri Pariaman yang terletak di jalan Syam Ratulangi No. 11 Kampung Baru Pariaman dengan jumlah lokal dan ruangan teori sebanyak 16 dan 5 ruangan labor. Seiring dengan dibangunnya gedung baru kegiatan belajar mengajarpun pindah ke gedung tersebut pada tahun ajaran 1997/1998. Sejak awal berdiri SMK Negeri 2 Pariaman memiliki 3 rumpun yaitu Rumpun Perdagangan, Rumpun Akuntansi, Rumpun Perkantoran selama kurun waktu 23 tahun. Kemudian di tahun 2004 dibuka jurusan Usaha Perjalanan Wisata dan disusul jurusan Multimedia di tahun 2007 Jurusan Tata Boga pada tahun 2013 dan Jurusan Akomodasi Perhotelan pada tahun 2014

Source http://smkn2-pariaman.blogspot.com http://smkn2-pariaman.blogspot.com/2016/05/sejarah-singkat-smk-negeri-2-pariaman.html
Comments
Loading...