Sejarah SMK Negeri 1 Subang

0 290

SMK Negeri 1 Subang

  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Subang berdiri pada tahun 1965 dengan nama Sekolah Menengah Ekonomi Tingkat Atas (SMEA) DWIKORA beralamat di Kirana Jalan Oto Iskandardinata Subang depan Sinta Theater yang sekarang adalah SMU PGRI 1 Subang (SMU Kota). Pendirinya adalah BAPAK LETNAN SUHARYA. Dan yang menjadi pelopor berdirinya SMEA DWIKORA adalah :

    1. BAPAK MOCH. BUDIONO.

    2. BAPAK ENIN RASNANDI, B.A. (ALMARHUM).

    3. BAPAK SOEHARI, B.A. (ALMARHUM).

    4. BAPAK Drs. HERMAWAN.

    5. IBU SRI SURATI (Ibu Sri adalah istri dari Bapak Budiono).

  • Status sekolah pada saat itu adalah sekolah swasta. Keadaan bangunannya masih jauh untuk dikatakan layak sebagai tempat pendidikan karena masih berupa under contruction. Tahun 1966 SMEA DWIKORA pindah alamat dan ikut bergabung dengan SMP PGRI 1 Subang di Jalan A. Natasukarya Kelurahan Pasirkareumbi Subang. Dan pada tahun 1967 pindah alamat lagi dan bergabung dengan Sekolah Menengah Ekonomi Tingkat Pertama (SMEP) di Jalan Oto Iskandardinata Subang.

  • Pada tahun 1969 SMEA DWIKORA berubah nama menjadi SMEA NEGERI XII SUBANG yang statusnya adalah sekolah negeri dan pindah alamat di depan Persikas Subang Jalan Embang Gintung No. 36 Cikalapa Kelurahan Pasir Kareumbi Subang. Status bangunan adalah milik SMEA NEGERI XII SUBANG sendiri.

  • Pada tahun 1985 SMEA NEGERI SUBANG pindah alamat ke Jalan Arief Rahman Hakim No. 35 Kelurahan Cigadung Subang, sedangkan bangunan SMEA NEGERI XII SUBANG di Jalan Embah Gintung diserah terimakan ke Sekolah Pendidikan Guru Negeri Subang (SPG Negeri Subang) yang sekarang adalah SMU Negeri 3 Subang karena SPG Negeri Subang alih fungsi menjadi SMU. Pada tahun 1994 ada perubahan nama dari SMEA NEGERI SUBANG menjadi SMK Negeri 1 Subang sesuai dengan Kurikulum tahun 1994.

Source http://smkn1subang.sch.id/ http://smkn1subang.sch.id/
Comments
Loading...