Sejarah SMK N 1 Wonosari

0 37

SMK N 1 Wonosari

Sejarah Singkat SMK N 1 Wonosari GunungkidulSMK Negeri 1 Wonosari didirikan pada tanggal 1 Agustus 1963 dengan nama SMEA Persiapan oleh panitia yang terdiri dari:
Bp. Tulik Suwarno,B.A.,
Bp. Projo Suyudi,
Bp. Siswo Prajono,
Bp. Mangunwinoto,
Bp. R. Sumarjo,
Bp. E. Sugito dan Bp. MC Sutrisno HS.

Pada saat berdiri memperoleh siswa sebanyak 2 kelas dan bertempat di SMEP (yang sekarang menjadi SMP N 2 Wonosari) dengan pimpinan Bp. Tulik Suwarno, B.A.Pada tahun 1964 SMEA Persiapan berubah menjadi SMEA Negeri Wonosari berdasar SK No.: 294/B.3/Kej tertanggal 1 Agustus 1964. Pada tahun 1966 telah menempati lokal sendiri di Madusari (Jalan Veteran).

Mengingat animo masyarakat yang cukup besar untuk masuk SMEA, sekolah beserta PMOG (sekarang komite sekolah) menambah jumlah kelas.Padatahun 1967/1968 memperoleh tanah di Tawarsari dan dibangun lokal kelas sehingga jumlah kelas menjadi 8 kelas. Tahun 1977 untuk memperluas tanah untuk penambahan ruang kelas, di Madusari diadakan pemindahan makam kristen ke Tawarsari dan dilakukan pembangunan lokal kelas diatas tanah tersebut.

Adanya lokasi SMEA Madusari dan SMEA Tawarsari adalah karena adanya program pemerintah untuk membangun SMEA Pembina, sehingga SMEA di Madusari diharapkan menjadi SMEA Pembina dan di Tawarsari menjadi SMEA biasa.

Namun program tersebut tidak terealisir sehingga SMEA Tawarsari dan SMEA Madusari tetap satu dengan pembagian lokal sebagai berikut:
– Lokasi di Tawarsari untuk kelas I sejumlah 9 kelas
– Lokasi di Madusari dipergunakan untuk kelas II sebanyak 9 kelas, kelas III sebanyak 8 kelas serta kantor Tata Usaha.

Pada tahun 1998/1999 lokasi di Tawarsari sudah tidak dipergunakan lagi dan kegiatan belajar mengajar menjadi satu lokasi di Madusari, hal ini dimaksudkan untuk agar iklim belajar semakin kondusif dan siswa dapat belajar lebih efektif.

Dan pada tahun 1998/1999 SMEA Wonosari berubah menjadi SMK N 1 Wonosari. Pada tahun pelajaran 2002/2003 SMK N 1 Wonosari merupakan salah satu SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen di Propinsi DIY yang ditunjuk pertama kali menjadi SMK Berstandar nasional khususnya untuk program keahlian Akuntansi.

Source https://historyofgita.wordpress.com https://historyofgita.wordpress.com/2013/07/03/smk-n-1-wonosari/
Comments
Loading...