Sejarah SMAN 1 Ciamis

0 170

SMAN 1 Ciamis

Tak banyak yang tahu sejarah SMAN 1 Ciamis. Sekolah yang alumninya tersebar di mana-mana itu ternyata mengalami proses pembangunan yang panjang dan berpindah-pindah.

Awalnya SMAN 1 Ciamis yang mulai dirintis pada tahun 1959 itu lokasinya di di Amarjiwa menempati bekas bangunan SGB III Ciamis, pernah di Jalan Juanda, lalu menempati dua lokasi, yakni Sikuraja dan Selagangga.

Adalah Rd. Dodo Natapura, ketika itu Kepala SMPN 1 Ciamis. yang merintis pendirian SMA I Ciamis. Bersama tim Dodo mempersiapkan SMAN I Ciamis. Setelah melalui beberapa tahapan proses administrasi, akhirnya pada tanggal 15 Oktober 1959 SMA SK Pendirian SMA Negeri Ciamis terbit dengan SK Mendikbud nomor 72/SK/B/III/1959.

Meskipun sudah mengantongi SK pendirian, namun bangunannya masih numpang dan belum ada kepala sekolah definitip. Barulah pada 1 April 1960, SMA Negeri Ciamis mempunyai kepala sekolah yang definitif, yakni Daman Saputra.

Bangunan sekolahnya pun berpindah alamat ke Jl Ir H. Juanda Ciamis. di Jalan Juanda selama 3 tahun. Dan pada pertengahan tahun 1963 berpindah lagi dengan menempati dua lokasi, yakni Sikuraja dan Selagangga. Sebab bangunan lama digunakan oleh SMEA Negeri Ciamis dan SLBN Ciamis. Kini bangunan itu digunakan sebagai kompleks Mess Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Barulah pada tahun 1964, SMA Negeri ciamis memiliki bangunan sendiri di Jln. Gunung Galuh. Gedung ini dibangun oleh Panitia pendirian Gedung SMA Negeri Ciamis yang diketuai oleh Kapten Atju Syamsudin, waktu itu menjabat sebagai Komandan PEKUPER Ciamis.

Panitia ini berhasil membangun 1 unit sekolah dengan ruang belajar sebanyak 23 lokal dilengkapi Kantor, WC, Garasi dan rumah jaga.

Pada tanggal 7 Maret tahun 1997 SMAN 1 Ciamis berubah nama menjadi SMUN 1 Ciamis sesuai dengan SK Mendikbud Nomor 035/0/1997 tentang perubahan nomenklatur SMA menjadi SMU. Dan pada tahun 2003 berubah menjadi SMAN 1 Ciamis sejalan dengan diberlakukannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang pada Pasal 18, ayat 3 menyatakan :Pendidikan menengah berbentuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), atau bentuk lain yang sederajat.

SMAN 1 Ciamis telah berkembang menuju sekolah tipe A yang paripurna. Apalagi dalam kondisi itu, SMAN 1 Ciamis telah memperlihatkan berbagi prestasi yang dapat dibanggakan, paling tidak dapat dijadikan tumpuan harapan akan tercapainya tujuan tersebut. Maka tidaklah berlebihan bila SMAN 1 Ciamis menjadi sekolah mandiri yang berwawasan internasional sesuai dengan semboyannya GOALS (Global Oriented Absolute Leading School).

Source https://galuhedu.com https://galuhedu.com/2017/10/16/sejarah-sman-1-ciamis-dirintis-tahun-1959-tempatnya-berpindah-pindah/
Comments
Loading...