Sejarah SMA Negeri 3 Jombang

0 200

SMA Negeri 3 Jombang

Sekolah SMA Negeri 3 ini memang mempunyai model arsitektur Belanda. Kalau disambungkan dengan sejarah Negara kita pernah dijajah oleh belanda. Secara tidak langsung budaya belanda juga terbawa ke Indonesia termasuk model arsitektur yang digunakan.

Bangunan tua yang menjadi SMA3 ini sudah berdiri sejak tahun 1918. Banyak orang yang beranggapan bahwa dulunya bangunan ini adalah rumah sakit. “Sebenarnya, bangunan itu awalnya bukan rumah sakit seperti persepsi khalayak umum.

Ternyata bagunan tua ini awalnya adalah sebuah HIS (Hollandsch Inlandsch School). Semacam sekolah belanda. Perkembangan selanjutnya, HIS berubah menjadi SGB (Sekolah Guru Besar). Namun tahun 1948 SGB ditempati oleh RSUD Jombang yang saat ini dibumi hanguskan sebagai imbas dari PD2. Tapi hal tersebut tidak berlangsung lama. hanya 2 tahun, sementara waktu SGB dipindahkan ke Nganjuk.

Tahun 1950, SGB kembali menjadi SGA, kemudian SGA berubah menjadi SPG (Sekolah pendidikan guru). Di pagi hari bangunan ini tentu saja digunakan untuk proses belajar mengajar SPG. Namun selain itu juga dimanfaatkan untuk proses belajar untuk Universitas dan sekolah lain seperti :

* SMKN 1
* SMP Sore
* SMEP
* SMPN 1 Jombang
* Universitas 17 Agustus
* Universitas Kasgoro

Karena begitu ramai dan banyak sekolah lingkungan SPG dijuluki NORMAL SCHOOL. Tidak hanya itu, lapangan bundar yang biasa digunakan upacara dan olahraga juga dijuluki alun-alun bundar.

Pada tahun 1976 Bapak Ismail selaku Bupati Jombang menjadikan sekolah yang ada di jombang sekolah model. Maksudnya sekolah yang lengkap dengan area yang luas dengan maksud untuk sekolah pengembangan.

Zaman terus berubah. Jenjang pendidikanpun harus ditingkatkan. Sehingga pada tahun 1991 SPG diubah menjadi SMA Negeri 3 Jombang. Dan sejak itulah SMA Negeri 3 berdiri hingga sekarang ini.

Waktu pertama kali menjadi kepala sekolah adalah Bapak Purwo Sarjono. Saat Pak Suwaji menjadi kepala sekolah urutan ketiga sebelum Bapak Ismed, SMA Negeri 3 Jombang dijadikan pusat penataran untuk wilayah timur yaitu dari Jatim hingga Irian jaya. Sekian secuplik sejarah dari SMA Negeri 3 Jombang.

Source http://arinablogger.blogspot.com http://arinablogger.blogspot.com/2010/10/sejarah-berdirinya-sman-3-jombang-sii.html
Comments
Loading...