Sejarah SMA Negeri 2 Wonogiri

0 69

SMA Negeri 2 Wonogiri

SMA Negeri 2 Wonogiri merupakan Sekolah Menengah Akhir favorit yang berlokasi di pusat kota, tepatnya di Jalan Nakula 5, Wonokarto, kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Terdapat 3 Jurusan kelas berdasarkan peminatan yakni Kelas IPA, IPS dan Bahasa.

Atas prakarsa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bp. Mashuri, SH pada tahun 1973 beliau mendirikan unit-unit sekolah baru bernama SMPP (Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan) di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah dibuka 6 SMPP yaitu di Kabupaten Brebes, Kodya Purwokerto, Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Purwodadi, Kodya Surakarta dan Kabupaten Wonogiri.

Pendirian SMPP di Wonogiri bersama dengan SMPP lainnya di seluruh Indonesia berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0256/0/1973 tanggal 18 Desember 1973. Gedung SMPP di Wonogiri dibangun pada area seluas 4,3 Ha yang dahulunya merupakan lahan Perhutani kemudian alih tukar dengan Pemda Wonogiri dan menjadi wilayah pemerintah Daerah Wonogiri, tepatnya sekarang di kelurahan Wonokarto, kecamatan Wonogiri.

Pertama-tama SMPP Wonogiri diampu dan diasuh oleh guru-guru SMA Negeri 1 Wonogiri. Pada bulan Januari 1974 baru dilaksanakan penerimaan siswa baru. Pada tahun ajaran pertama (1974) SMPP menerima siswa sebanyak 2 kelas sebanyak 80 anak dan semenjak tanggal 3 Januari 1974 dinyatakan sebagai hari jadi SMPP. Selanjutnya pada tahun 1976 secara resmi SMPP dilepas dari asuhan SMA Negeri 1 Wonogiri dan berdiri sendiri dengan Kepala Sekolah Bp. Soejono.

Pada tahun 1985 sewaktu kepala SMPP dijabat Bp. Sihiman, BA nama SMPP diubah menjadi SMA Negeri 2 Wonogiri berdasarkan SK menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0353/01985 tanggal 9 Agustus 1985.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/SMA_Negeri_2_Wonogiri
Comments
Loading...