Sejarah SMA Negeri 2 Purwokerto

0 181

SMA Negeri 2 Purwokerto

Gedung SMA Negeri 2 Purwokerto terletak di jatung kota Purwokerto, di tempat yang sangat strategis, tepatnya di Jl.Gatot Soebroto Purwokerto dan masuk dalam wilayah Kelurahan Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur.

Gedung bersejarah yang dibangun di areal seluas 30.000m2 dengan luas bangunan panjang 100m, lebar 10m dan tinggi 8m ini dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1929, yang memang diperuntukan bagi sekolah Kweekscool / Normal School, dan dipergunakan sampai diambil alihnya pemerintahan Hindia Belanda oleh penjajah Jepang tahun 1942.

Oleh penjajah Jepang Kweekschool dibubarkan dan gedungnya dipakai sebagai asrama Ken Pe Tai (Polisi Militer Jepang). Setelah Jepang kalah Belanda berupaya masuk kembali ke Indonesia tahun 1947 dan gedung ini digunakan sebagai markas tentara Belanda hingga 1949. Setelah Belanda kalah dan harus meninggalkan Indonesia tahun 1949, bekas asrama Belanda ini dipergunakan sebagai asrama-asrama Bataliyon Rajawali.

Dan ketika Gatot Soebroto menjabat sebagai komandan Decvisi di Jawa Tengah tahun 1950, fungsi gedung dikembalikan seperti semula yaitu sebagai gedung sekolah.

Source https://maskusno.wordpress.com https://maskusno.wordpress.com/2012/07/28/sma-negeri-2-purwokerto/
Comments
Loading...