Sejarah SMA Negeri 1 Sukatani

0 71

Sejarah SMA Negeri 1 Sukatani

Berdasarkan sumber sejarah, Dra. Dewi Siti Sophia guru pertama yang menjabat di SMA Negeri 1 Sukatani. Sekolah ini didirikan karena begitu banyaknya lulusan SLTP/SMP di kecamatan Sukatani yang tidak meneruskan ke jenjang SLTA, maka dari itu pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan kesempatan kepada masyarakat kecamatan Sukatani untuk bisa meneruskan sekolah ke SMA.

Pemerintah Kabupaten Bekasi merintis dan mendirikan sekolah SMA negeri di kecamatan Sukatani pada tahun ajaran baru tahun 1986 yang di kepala sekolahi oleh Bapak Mukhamad Suyud, BA yang merangkap juga sebagai kepala sekolah SMAN 1 Cikarang hingga tahun 1987. Namun pada tahun pertama saat itu bangunan sekolah baru mulai dibangun, selama pembangunan kegiatan sekolah ditempatkan di SMP Negeri 1 Sukatani yang kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di sore hari, selang 3 bulan kemudian barulah siswa/siswi dipindahkan ke gedung yang berada sekarang ini. Tepat di belakang alun-alun dan gedung kecamatan Sukatani.

Seperti sekolah-sekolah lainnya sekolah ini begitu banyak sejarah yang di lewati. Pada tahun 1990-an, siswa/siswi atau masyarakat sekitar sukatani menyebut sekolah ini dengan panggilan “BONCOS” kependekan dari kebon kosong. Memang berdasarkan sejarah tanah yang sebelumnya didirikan bangunan sekolah ini hanyalah sebidang tanah yang cukup luas namun tidak ada 1 pohon pu yang tumbuh sehingga hanya rerumputan saja, maka dari itu disebut kebon kosong.

Seiring bergulirnya waktu, berganti kepemimpinan kepala sekolah, dan kepengurusan OSIS serta pembangunan yang terus dilakukan hingga saat ini. SMA Negeri 1 Sukatani kini sudah begitu hijau nan asri. Di penuhi pepohonan yang begitu lebat tumbuh subur di halaman sekolah. Sehingga kini mulai di lupakan panggilan BONCOS, digantikan oleh KEMANG. Arti kemang disini adalahkependekan dari Kebun Mangga,mengapa demikian ? Karena sekarang ini hampir disetiap depan ruang kelas di tanami pohon mangga yang berjumblah cukup banyak.

Ada hal menarik dari sekolah ini yaitu “BC”. BC singkatan dari Bundaran Cinta, sejarahnya karena tempat ini sering di jadikan tempat menunggu seseorang di halaman sekolah ketika istirahat atau ketika jam pulang sekolah. Mereka akan menunggu sahabat-sahabatnya yang belum keluar kelas di tempat ini. “Hey nanti aku tunggu kamu di BC ya?” itu lah yang sering diucapkan ketika janjian sepulang sekolah. Bundaran cinta karena berbentuk bundaran/ lingkaran yang terbuat dari bangunan berbatu yang melingkari pohon beringin dan cemara. Karena itulah dijadikan symbol cinta. Biasanya anak sma yang pacaran sering nongkrong berduaan di sini untuk beristirahat atau bercanda riang. konon bakal setia kalau sering-sering mampir disini.

Source http://chaboen.blogspot.com http://chaboen.blogspot.com/2013/07/sejarah-sma-negeri-1-sukatani.html
Comments
Loading...