Sejarah SMA Negeri 1 Mojotengah

0 70

SMA Negeri 1 Mojotengah

Pada akhir Pelajaran 1990/1991 SPG Negeri Wonosobo berakhir bersamaan dengan 119 SPG dan 18 SGO Negeri di seluruh Indonesia dan dialihfungsikan menjadi SMA Negeri 3 Wonosobo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi Nomor : 0324 / U / 1989 tanggal 1 Juni 1989.

Pertimbangan pemerintah menutup SPG dan SGO menjadi SGO menjadi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas antara lain (SMA, SMT Pertanian, SMEA, SMKK, dan SMPS). Program pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dilimpahkan kepada IKIP dengan FKIP Universitas Negeri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbut RI Nomor : 0116/0/1991 tanggal 15 Maret 1991.

Sejak awal tahun pelajaran 1989/1990 SMA Negeri 3 Wonosobo mulai menerima siswa baru kelas 1 disesuaikan dengan kemampuan jumlah ruang belajar yang tersedia dengan tenaga guru dengan karyawan SPG Negeri Wonosobo dengan Kepala Sekolah Bapak Tasir Sudiro, Beralamat di Jalan Sindoro No 1 Wonosobo, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

Gedung sekolah SPG/SMA Negeri 3 Wonosobo di Jalan Sindoro No 1 Wonosobo ini berdiri di atas tanah dengan hak guna bangunan milik Pemerintah Kabupaten Wonosobo, sehingga pada saat Pemda Kabupaten Wonosobo memerlukan tanah tersebut untuk digunakan sebagai kantor / Dinas Pemda Kab. Wonosobo maka SMA Negeri 3 Wonosobo pindah lokasi sekolah ke Jalan Lurah Sudarto, Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

Dengan pindahnya SMA Negeri 3 Wonosobo dari Kecamatan Wonosobo ke wilayah Mojotengah, maka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0426/0/1991 tanggal 5 Juli 1991 tentang pengalihan Sekolah Pendidikan Guru dan Sekolah Guru Olahraga menjadi sekolah lanjutan Tingkat atas lain maka SPG Negeri Wonosobo dialihfungsikan menjadi SMA Negeri 1 Mojotengah dengan alamat di Jalan Lurah Sudarto, Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

Source https://www.sma1-mjt.sch.id https://www.sma1-mjt.sch.id/sejarah/
Comments
Loading...