Sejarah SMA Negeri 1 Garut

0 155

SMA Negeri 1 Garut

SMA Negeri 1 Garut adalah salah satu sekolah menengah atas negeri yang ada di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Garut ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. SMA Negeri 1 Garut merupakan SMA Terbaik se-kabupaten Garut terbukti dengan prestasi yang diraih dan akreditasi yang sangat baik.

SMA Negeri 1 Garut merupakan Sekolah Menengah Atas pertama yang didirikan di Kabupaten Garut yakni pada tahun 1958 dengan nama SMA Negeri Garut. Pada awalnya, tempat yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya adalah SGBN II Garut, Sukaregang. Sampai pada tahun 1968, SMA Negeri Garut pindah ke Jalan Haurpanggung (sekarang Jalan Merdeka No. 91) setelah CV Haruman selesai membangun RKB di sana.

Pada tahun 1982, SMA Negeri 2 Garut berdiri sehingga SMA Negeri Garut berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Garut.

Pada tahun 1997, sekolah-sekolah di Kabupaten Garut mengalami perubahan nomeklatur sesuai dengan nama kecamatan, SMA Negeri 1 Garut yang berada di wilayah Kecamatan Tarogong pun berubah nama menjadi SMU Negeri 1 Tarogong.

Pada tahun 2003, Kecamatan Tarogong dimekarkan menjadi dua kecamatan yaitu, Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler. Perubahan ini menyebabkan SMA Negeri 1 Tarogong yang berada di kawasan Kecamatan Tarogong Kidul kembali mengalami perubahan nama menjadi SMA Negeri 1 Tarogong Kidul.

Pada tahun 2009, nomeklatur SMA/SMK di Kabupaten Garut diubah sesuai dengan Peraturan Bupati Garut Nomor 446 Tahun 2008 tentang Penetapan Nama-nama Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas Negeri, dan Sekolah Menengah Kejurusan Negeri di Lingkungan Kabupaten Garut. Berdasarkan peraturan tersebut, nama SMA Negeri 1 Tarogong Kidul berubah menjadi SMA Negeri 1 Garut sampai dengan sekarang.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/SMA_Negeri_1_Garut
Comments
Loading...